3 Alasan Shin Tae-yong Loloskan Timnas Indonesia ke 16 Besar Piala Asia 2023

Jum'at, 08 Desember 2023 - 18:04 WIB
loading...
3 Alasan Shin Tae-yong Loloskan Timnas Indonesia ke 16 Besar Piala Asia 2023
Shin Tae-yong tengah dihadapkan pada tugas besar bersama Timnas Indonesia. Pelatih asal Negeri Ginseng tersebut bakal meloloskan Skuad Garuda ke babak 16 besar Piala Asia 2023 / Foto: PSSI
A A A
Shin Tae-yong tengah dihadapkan pada tugas besar bersama Timnas Indonesia . Pelatih asal Negeri Ginseng tersebut bakal meloloskan Skuad Garuda ke babak 16 besar Piala Asia 2023 .

Sejak Shin Tae-yong menangani Timnas Indonesia, STY sudah banyak memberikan perubahan ke arah yang lebih baik. Salah satunya adalah membawa timnas lolos ke Piala Asia setelah absen sekitar 15 tahun lamanya.

Kendati begitu, masih banyak tugas-tugas berat yang wajib dituntaskan Shin Tae-yong. Pada salah satu agenda terdekatnya, STY diharapkan bisa membawa timnas Indonesia tampil impresif di Piala Asia 2023, setidaknya dapat lolos ke babak 16 besar.


Alasan Shin Tae-yong Harus Bisa Membawa Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023

1. Sejumlah Permintaan yang Sudah Dikabulkan PSSI


Selama melatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah beberapa kali mengajukan permintaan kepada PSSI. Sebut saja seperti permintaan naturalisasi pemain Grade A hingga pemilihan lawan kuat di FIFA Matchday.

Sejumlah permintaan STY tersebut jelas bertujuan untuk memperkuat kualitas timnas Indonesia. Maka dari itu, PSSI pun telah menyanggupinya.

Berkaitan dengan pemain naturalisasi Grade A, sudah ada sejumlah contoh seperti Jordi Amat, Ivar Jenner, Rafael Struick, hingga terbaru Justin Hubner. Sedangkan untuk pemilihan lawan kuat, PSSI juga sudah mendatangkan negara-negara yang peringkatnya lebih tinggi dari timnas Indonesia, termasuk Argentina.



Selain itu, masih ada beberapa permintaan lain dari Shin Tae-yong yang diwujudkan PSSI. Misalnya, seperti pemusatan latihan (TC) jangka panjang. Setelahnya, hanya tinggal menunggu hasil yang bakal dibawakan STY ke depannya.

2. Patokan Target yang Berani


Piala Asia 2023 menjadi salah satu agenda terdekat yang bakal dijalani timnas Indonesia. Skuad Garuda sendiri tergabung dalam Grup D bersama Irak, Jepang, dan Vietnam.

Kendati memiliki lawan-lawan tangguh, Shin Tae-yong tidak berkecil hati. Tak ingin sekadar ‘numpang lewat’, juru taktik asal Korea Selatan itu berambisi membawa timnas Indonesia setidaknya lolos ke babak 16 besar.

Menjelang bergulirnya turnamen, STY juga menyebut timnas Indonesia wajib tampil maksimal dalam setiap laga selama fase grup demi menjaga asa peluang lolos 16 besar. Tak sendiri, ia menegaskan para pemain memiliki ambisi yang sama, yakni membawa negara melangkah lebih jauh di Piala Asia 2023.

3. Menjaga Asa Perpanjangan Kontrak


Shin Tae-yong masih terikat kontrak setidaknya hingga Juni 2024. Keputusan mengenai pembaruan kontrak yang lebih panjang bakal diputuskan PSSI dengan melihat performanya pada event-event terdekat, termasuk Piala Asia 2023.

Pada Piala Asia 2023 nanti, PSSI berharap setidaknya timnas Indonesia bisa tampil impresif. Jika berjalan dengan baik, hasil tersebut akan meningkatkan asa perpanjang kontrak yang lebih panjang bagi Shin Tae-yong.

Namun, hasil tersebut juga belum menjadi jaminan. Pasalnya, PSSI nantinya akan melakukan evaluasi terlebih dahulu. Maka dari itu, STY wajib lolos dari evaluasi agar kontraknya bisa diperbarui.

Itulah sejumlah alasan Shin Tae-yong harus bisa meloloskan timnas Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia 2023.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1469 seconds (0.1#10.140)