Ukir Sederet Prestasi Membanggakan, PB Pertacami Berharap Jadi Anggota KOI

Senin, 11 Desember 2023 - 22:13 WIB
loading...
Ukir Sederet Prestasi Membanggakan, PB Pertacami Berharap Jadi Anggota KOI
Ketua Umum PB Pertacami, Tommy Paulus Hermawan, tampak semringah menyambut kedatangan Viona Amalia dkk di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, Senin (11/12/203)
A A A
Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Tarung Campuran Indonesia (PB Pertacami), Tommy Paulus Hermawan, tampak semringah menyambut kedatangan Viona Amalia dkk di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, Senin (11/12/203). Maklum saja, Viona berhasil mengharumkan Indonesia dengan merebut medali emas di ajang GAMMA World MMA Championships 2023.

Dalam pertandingan final kelas 47,6kg nomor Female Stricking MMA, Minggu (10/12/2023), Viona berhasil menumbangkan petarung asal China, Gao Huan Jun dengan menang angka telak. "Saya tidak menduga bisa meraih emas sekaligus mengibarkan Merah Putih di Kejuaraan Dunia Mixed Martial Arts 2023 Bangkok. Dan, saya tidak berasa tangan kanan saya mengalami cedera akibat terlalu power full saat melepaskan pukulan ke wajah lawan," kata Viona mengenang pertarungan keras di final.

Tommy Paulus menuturkan bahwa PB Pertacami sebenarnya tidak menargetkan emas di GAMMA World MMA Championships 2023. Namun di luar dugaan, Viona justru memberikan kejutan dengan merebut medali emas sekaligus mengibarkan Merah Putih di event yang digelar International Federation Global Mixed Martial Arts.



"Tidak gampang prestasi ini dicapai apalagi pesertanya dari 35 negara dan PB Pertacami baru berdiri pada tahun 2023," kata Tommy Paulus.

Mendengar pengakuan cedera Viona, Tommy Paulus Hermawan langsung memerintahkan pengurus untik segera membawanya ke Rumah Sakit dan tidak diperkanankan kembali sebelum mendapat penanganan dan pengobatan. "Viona tidak boleh kembali ke daerah asalnya Slawi kalau belum mendapat penanganan secara khusus. Itu jadi tanggung jawab PB Pertacami," imbuhnya.

Sementara itu, Sekjen PB Pertacami, Peter Taslim, menuturkan bahwa Kejuaraan Dunia Mixed Martial Arts 2023 Bangkok itu memang sangat ketat. Dua negara kekuatan besar olahraga campuran yakni China yangmeloloskan 12 finalis hanya merebut 7 emas dan Kazakhstan dengan 11 finalis meraih 8 emas sekaligus menjadi juara umum.

"Indonesia yang mengirimkan 6 atlet berhasil meloloskan 2 atlet di final," timpal Peter Taslim.

Petarung Indonesia lainnya, yakni Toni Kristian Hutapea meraih perak di kelas 52.2Kg Men Elite Stricking MMA setelah kalah angka di partai final dari wakil Kazakhstan, Kairat Zharzhanov. "Ya, saya sudah berusaha semaksimal mungkin tetapi saya harus mengakui keunggulan lawan. Dan, saya puas dengan medali perak," timpal Toni Kristian Hutapea.

Meski baru berdiri, sederet prestasi telah dicapai olahraga campuran Indonesia. Sebelumnya, Indonesia meraih 1 perak dan 3 perunggu pada Kejuaraan Asian MMA Championship 2023 Bangkok dan meraih 1 perunggu pada Kejuraan Dunia World Junior MMA 2023 Yunani.

Terkait cabang olahraga campuran yang akan dipertandingkan pada SEA Games 2025 Thailand nanti, Tommy Paulus Hermawan berharap Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) segera memproses keanggotaan PB Pertacami. "Kami sangat berharap PB Pertacami bisa diterima sebagai Anggota KOI sehingga bisa memperkuat Kontingen Indonesia pada SEA Games 2025 Thailand. Potensi atlet olahraga campuran itu cukup besar dan kita sudah buktikan," kata Tommy Paulus Hermawan.

"PB Pertacami akan segera mendirikan Camp khusus pelatihan olahraga beladiri campuran. Mereka harus ditangani secara khusus dan profesional sehingga bisa terus mengibarkan Merah Putih di ajang internasional," imbuhnya.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2058 seconds (0.1#10.140)