IBL Bakal Terapkan 3 Aturan Baru di Kompetisi Musim Depan

Rabu, 13 Desember 2023 - 04:09 WIB
loading...
IBL Bakal Terapkan 3 Aturan Baru di Kompetisi Musim Depan
Direktur Utama Indonesian Basketball League (IBL), Junas Miradiarsyah memastikan setidaknya ada 3 aturan baru yang bakal diterapkan musim depan. / Foto: Basudiwa Supraja
A A A
JAKARTA - Direktur Utama Indonesian Basketball League (IBL), Junas Miradiarsyah memastikan setidaknya ada 3 aturan baru yang bakal diterapkan musim depan. Adapun ketiga aturan yang dimaksud berkaitan dengan lokasi laga, pemain, dan batasan gaji.

Pertama, di IBL 2024 nantinya akan diterapkan aturan laga kandang-tandang atau home-away. Sebelumnya, kompetisi basket paling bergengsi di Indonesia itu menjalankan aturan series.

Menurut Junas, aturan home-away ini sudah dicanangkan sejak 2020. Pihaknya juga sudah memastikan kesiapan setiap tim beberapa kali.



"Home-away sudah kami komitmen bukan hanya dari tahun ini tapi sudah sejak 2020 wacananya," kata Junas di Jakarta, Selasa (12/12/2023).

"Musim depan sudah pasti dijalankan di IBL 2024. Persiapannya cukup baik, IBL memastikan tim dan sudah workshop beberapa kali," sambungnya.

Dalam kesempatan ini, Junas juga mengatakan bahwa persiapan kandang tim-tim IBL sudah baik, bahkan mereka berbenah memperbaiki infrastruktur masing-masing.

"Infrastruktur sudah baik, ada keterbatasan lokasi tapi ada alternatifnya. Kemudian yang cukup baik, banyak klub klub yang renovasi infrastruktur seperti Surabaya dan Bali," terang Junas.

Selain itu, aturan yang akan dijalankan masing-masing tim adalah memiliki 3 pemain asing dan 1 pemain keturunan. Adanya aturan ini kian menambah keberagaman pemain. Menariknya, akan ada setidaknya 8 pemain NBA yang bakal berkompetisi di IBL.



Kemudian aturan baru lainnya terkait batasan gaji pemain atau salary cap. IBL membatasi setiap tim maksimal menjatah gaji pemain maksimal Rp10 miliar. "Jadi kalau salary cap tujuannya pemerataan yang pertama. Yang kedua, mengenai bisnis yang ingin dituju. Jadi tim-tim juga butuh mendapatkan pendapatan dari tiket dan sebagainya," jelas Junas.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1608 seconds (0.1#10.140)