Selain Latihan Fisik, Ini Persiapan Marathon untuk Pemula yang Wajib Dilakukan

Senin, 18 Desember 2023 - 13:21 WIB
loading...
Selain Latihan Fisik, Ini Persiapan Marathon untuk Pemula yang Wajib Dilakukan
Selain Latihan Fisik, Ini Persiapan Marathon untuk Pemula yang Wajib Dilakukan
A A A
JAKARTA - Persiapan marathon untuk pemula nggak cuma sekedar latihan fisik, namun ada beberapa hal lain yang perlu Anda lakukan.

Marathon merupakan salah satu cabang lari yang cukup banyak diminati oleh banyak orang. Meski lintasannya jauh, banyak yang penasaran dan ingin mengikuti perlombaannya.

Olahraga ini dibagi menjadi 4 jenis, yakni 5k marathon, 10k marathon, 21k marathon (half marathon), dan 42k marathon (ultra marathon). Pelari bisa memilih jarak lintasan tersebut sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Jika Anda pemula, disarankan untuk memilih jarak yang paling pendek terlebih dahulu. Ada sejumlah persiapan lari marathon yang mesti diperhatikan. Simak rinciannya berikut ini.

Persiapan Marathon untuk Pemula

1. 1. Gunakan Sepatu yang Tepat

Anda bisa menggunakan running shoes saat melakukan lari marathon. Jangan lupa, pilih sepatu yang dilengkapi dengan bantalan empuk, ringan, dan fleksibel untuk digerakkan.

Mengutip laman Cleveland Clinic, pemilihan sepatu yang kurang tepat justru akan menyebabkan cedera pada kaki. Sepatu yang terlalu kecil atau terlalu besar bisa membuat kaki melepuh atau lecet.

1. 2. Latihan Terlebih Dahulu

Lakukan latihan lari rutin, setidaknya 3-5 kali per minggu. Lakukan lari santai dengan kecepatan stabil. Ini akan sangat membantu Anda membangun ritme dan irama lari yang stabil, sehingga ketika pada saat bertanding, Anda lebih bisa menyesuaikan kecepatan lari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)