Profil Eca Sabana: Pembalap Wanita Berhijab yang Naik Podium Yamaha Sunday Race 2023

Senin, 18 Desember 2023 - 16:08 WIB
loading...
Profil Eca Sabana: Pembalap Wanita Berhijab yang Naik Podium Yamaha Sunday Race 2023
Profil Eca Sabana: Pembalap Wanita Berhijab yang Naik Podium Yamaha Sunday Race 2023
A A A
LOMBOK - Yamaha Sunday Race 2023 Mandalika menjadi saksi keberanian Eca Sabana, pembalap wanita berhijab yang menorehkan prestasi gemilang di ajang tersebut. Sebagai satu-satunya pembalap wanita yang turut serta dalam seri 2 bLU cRU Yamaha Sunday Race 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Eca Sabana berhasil meraih podium, mencuri perhatian penonton.

Seri penutup bLU cRU Yamaha Sunday Race 2023 yang berlangsung pada 16-17 Desember di Sirkuit Mandalika, NTB, melibatkan ratusan pembalap Indonesia, di antaranya Eca Sabana yang tampil sebagai satu-satunya pembalap wanita. Namun, prestasi yang diraihnya membuktikan bahwa keberanian dan kemampuan tidak terbatas oleh jenis kelamin.



Eca Sabana, yang lahir di Serang, Banten pada 1 Mei 1997, memiliki latar belakang keluarga yang mencintai dunia balap sepeda motor. Ayahnya, yang pernah menjadi atlet balap sepeda, berperan penting dalam membangkitkan semangat balap Eca Sabana sejak usia dini.

"Sejak kecil saya sudah diajak oleh ayah nonton balapan, dan saya tertantang untuk bersaing dengan pembalap pria dan membuktikan bahwa wanita juga bisa menjadi yang terbaik," ungkap Eca Sabana di Sirkuit Mandalika pada Minggu (17/12/2023).

Meskipun tanpa darah pembalap sepeda motor, Eca Sabana memulai karir balapnya pada usia 18 tahun di kelas matic wanita pada tahun 2015. Kehebatannya di atas motor tidak terlepas dari kontrak tim yang mengakui potensinya.

Di seri penutup bLU cRU Yamaha Sunday Race 2023, Eca Sabana tampil di ajang motorsports meski sebelumnya lebih sering turun di kelas matic wanita. Meski persiapannya dadakan, dia berhasil meraih podium kelima setelah memulai balapan dari posisi ke-18.

"Ikut pertama kalinya aku di motorsports, seringnya di matic terus. Persiapan dadakan, aku cuman dua kali latihan itu di sirkuit sentul kecil buat kaki-kaki aja terus yang sentul besar buat raba-raba mesin aja. Terus yang ketiga kalinya ini langsung balap," papar Eca Sabana.

Meski persaingan di kelas balap sepeda motor wanita terbilang minim, Eca Sabana telah menorehkan prestasi signifikan dengan menjadi juara umum motoprix 2022 kelas matic wanita. Di Yamaha Sunday Race 2023 Mandalika, pembalap berhijab ini mengakui tidak takut mengalami terjatuh, namun menilai menghafal line sirkuit menjadi tugas yang paling sulit. Dengan dedikasi dan semangatnya, Eca Sabana terus mengukir prestasi dan membuktikan bahwa perempuan mampu bersinar di arena balap sepeda motor.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1913 seconds (0.1#10.140)