Resmi! Liga Super Eropa Ditolak MU, Atletico Madrid, dan Bayern Muenchen

Kamis, 21 Desember 2023 - 21:10 WIB
loading...
Resmi! Liga Super Eropa Ditolak MU, Atletico Madrid, dan Bayern Muenchen
Resmi! Liga Super Eropa Ditolak MU, Atletico Madrid, dan Bayern Muenchen
A A A
MANCHESTER - Sebanyak tiga klub elite Eropa menyatakan sikap atas wacana Liga Super Eropa yang lagi-lagi bergaung. Manchester United, Atletico Madrid dan Bayern Muenchen menyatakan menolak bermain di Liga Super Eropa.

Wacana Liga Super Eropa kembali bergema usai Pengadilan Uni Eropa (ECJ) mengeluarkan pernyataan yang menguatkan klub-klub penggagas Liga Super Eropa di mata hukum. Hari ini, Kamis (21/12/2023) UEFA dan FIFA dinyatakan bersalah karena menentang adanya Liga Super Eropa.

ECJ menyatakan UEFA dan FIFA tidak berhak memberi sanksi ataupun melarang klub-klub membelot ke Liga Super Eropa. Hal ini turut menuai tanggapan keras dari trio raksasa Eropa.



Manchester United terang-terangan menyatakan ogah ikutserta dalam Liga Super Eropa. Begitu pula dengan Atletico Madrid.

“Posisi kami tidak berubah. Kami tetap berkomitmen penuh untuk berpartisipasi dalam kompetisi UEFA, dan menjalin kerja sama positif dengan UEFA, Liga Inggris, dan sesama klub melalui Asosiasi Kompetisi Eropa untuk kelanjutan pengembangan sepak bola Eropa,” tulis rilis resmi Manchester United, Kamis (21/12/2023).

“Keluarga sepak bola Eropa tidak menginginkan Liga Super Eropa. Jerman, Prancis, Inggris, Italia, Spanyol (kecuali Real Madrid dan Barcelona), dan lainnya tidak menginginkan Liga Super,” tulis rilis Atletico Madrid.

“Kami mendukung perlindungan keluarga sepak bola Eropa, menjaga liga domestik, dan memastikan bahwa kualifikasi kompetisi Eropa dicapai melalui kinerja di lapangan setiap musim,” lanjut keterangan klub berjuluk Los Rojiblancos.

Senada dengan dua klub tersebut, CEO Bayern Muenchen, Hans-Christian Dressen juga menentang Liga Super Eropa. Dressen mengatakan klubnya tetap berkomitmen mendukung keberlangsungan sepak bola di bawah payung UEFA dan liga domestik.

“Kami telah memperhatikan keputusan Pengadilan Eropa. Namun hal tersebut tidak mengubah posisi FC Bayern dan posisi ECA bahwa kompetisi semacam itu akan mewakili serangan terhadap pentingnya liga domestik dan statistik sepak bola Eropa,” ujar Dressen dilansir I Mia San Mia.

“Liga Jerman menjadi fondasi FC Bayern, sama seperti semua liga domestik menjadi fondasi klub sepak bola Eropa. Oleh karena itu, tugas dan keyakinan mendalam kita adalah memperkuat mereka, bukan melemahkan mereka,” lanjut pria berkaca mata ini.

“Kami juga mendukung kompetisi klub Eropa di bawah payung UEFA. Jadi sekali lagi sudah sangat jelas: pintu menuju Liga Super di FC Bayern masih tertutup,” pungkasnya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2507 seconds (0.1#10.140)