Jadwal Debut Jay Idzes: Timnas Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jum'at, 29 Desember 2023 - 07:03 WIB
loading...
Jadwal Debut Jay Idzes: Timnas Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026
Jadwal Debut Jay Idzes: Timnas Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Foto: MPI/Aldhi Chadra
A A A
JAKARTA - PSSI mengupayakan Jay Idzes bisa debut bersama Timnas Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Hal itu diungkapkan oleh Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Endri Erawan.

Endri turut mendampingi Idzes saat menjalani proses pengambilan sumpah Warga Negara Indonesia (WNI) di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Kamis (28/12/2023) pagi WIB. Setelah pemain Venezia itu resmi menjadi WNI, Endri pun sangat bersyukur.



Namun dia cukup menyayangkan karena Idzes belum bisa membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Itu karena pendaftaran pemain telah ditutup. Seperti diketahui, Idzes sejatinya diproyeksikan untuk membela Skuad Garuda pada ajang tersebut.

“Alhamdulillah hari ini kita sudah berhasil untuk mengambil sumpah Jay Idzes. Cuma yang disayangkan Jay belum bisa ikut Piala Asia karena kita berharap sebenarnya Jay bisa main di Piala Asia,” ujar Endri kepada awak media termasuk MNC Portal Indonesia, Kamis (28/12/2023).

“Namun apa mau dikata dari AFC sudah ditutup semua pendaftaran dan kesempatan membela timnas di Piala Asia tertutup untuk Jay Idzes,” sambungnya.

Kendati begitu, Idzes berkemungkinan besar akan menjalani debutnya di Timnas Indonesia pada lanjutan grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Skuad Garuda akan kembali memulai perjuangannya dengan melawan Vietnam di matchday ketiga pada 21 Maret 2024.

Endri mengatakan PSSI akan berupaya semaksimal mungkin agar Idzes bisa membela Timnas Indonesia di ajang tersebut. PSSI akan segera mempercepat proses pemindahan federasi Idzes. Jika semua telah rampung, mereka akan menjajaki komunikasi dengan AFC terkait penambahan pemain untuk bisa dibawa pada bulan Maret 2024 mendatang.

“Tapi kita masih berharap di bulan Maret nanti ada kualifikasi Piala Dunia yang menghadapi Vietnam dan tiga pertandingan lainnya home, satu away, kita masih berpikir apakah mungkin untuk menambah satu atau dua pemain di bulan Januari agar bisa bermain di bulan Maret, Kita masih komunikasi lagi dengan pihak AFC,” ucapnya.

“Jika tidak memungkinkan, di putaran berikutnya kualifikasi pasti bisa main. Tapi kita berharap pada kualifikasi nanti bulan Maret, Jay bisa bermain. Setelah paspor ada, PSSI akan segera mengurus perubahan asosiasinya dari Belanda ke Indonesia, mudah-mudahan semua lancar,” lanjut Endri.

Tak hanya Idzes saja yang berkemungkinan besar debut di ajang tersebut. Melainkan juga ada sosok Nathan Tjoe-A-On yang prosesnya tinggal diambil sumpah WNI. Sebelumnya Endri telah menjelaskan bahwa proses pengambilan sumpah WNI pemain Swansea City itu bisa dilakukan pada Januari 2024.

Sekadar informasi, Timnas Indonesia sedang berada di urutan keempat klasemen Grup F Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan koleksi satu poin. Pada dua pertandingan yang telah dimainkan, Skuad Garuda mencatatkan satu kekalahan 1-5 kontra Irak dan bermain imbang 1-1 melawan Filipina.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1591 seconds (0.1#10.140)