4 Pemain Diaspora Ini Segera Menyusul Menjadi WNI, Siapa Saja Mereka?

Jum'at, 29 Desember 2023 - 10:16 WIB
loading...
4 Pemain Diaspora Ini Segera Menyusul Menjadi WNI, Siapa Saja Mereka?
Empat pemain Diaspora kemungkinan segera menyusul menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), setelah Jay Idzes resmi mengambil sumpah di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Kamis (28/12/2023) / Foto: Kolase PSSI dan Pngfre
A A A
Empat pemain Diaspora kemungkinan segera menyusul menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), setelah Jay Idzes resmi mengambil sumpah di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Kamis (28/12/2023). Lantas, siapa sajakah keempat pemain yang dimaksud tersebut?

Jay Idzes resmi mengambil sumpah menjadi WNI di Kanwil Kemenkumham DKI, kemarin. Prosesi pengambilan sumpah dipimpin oleh Kepala Kanwil DKI Jakarta, Ibnu Chuldun, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

"Demi Tuhan yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh. Melepaskan, seluruh kesetiaan setia saya kepada kekuasaan asing, dengan ini tunduk dan setia kepada NKRI, Pancasila, dan undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945," ucap Idzes mengikuti ucapan Kepala Kanwil DKI Jakarta, Ibnu Chuldun.



Setelah Idzes, ada empat pemain yang kemungkinan bakal mengikuti jejak bek berusia 23 tahun tersebut. Mereka adalah Cyrus Margono, Ragnar Oratmangoen, Nathan Tjoe-A-On dan Thom Haye.

Berikut Profil Singkat 4 Pemain Diaspora

1. Cyrus Margono


Cyrus Margono bermain di Liga Yunani. Dia merupakan salah satu nama yang diusulkan oleh warga Indonesia untuk mengisi posisi penjaga gawang Timnas Indonesia. Cyrus telah memulai proses naturalisasi sejak Mei 2023, dan proses tersebut termasuk wawancara kewarganegaraan Indonesia.

Cyrus mengantongi tiga paspor sekaligus yakni Amerika Serikat, Iran dan Indonesia. Hal itu membuatnya berpeluang untuk membela tiga negara tersebut. Darah Indonesia mengalir di tubuh kiper Panathinaikos B itu didapatkan dari sang ayah. Berbicara mengenai kariernya, sejauh ini Cyrus sudah bermain sebanyak empat kali bersama Panathinaikos Athens B.


2. Ragnar Oratmangoen


Ragnar Oratmangoen adalah salah satu pemain keturunan Indonesia yang saat ini proses naturalisasinya sedang berjalan. PSSI saat ini tengah mendorong agar proses naturalisasi penyerang berusia 25 tahun itu bisa segera rampung.

3. Nathan Tjoe-A-On


Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On merupakan pemain sepak bola Belanda kelahiran 22 Desember 2001 yang memiliki keturunan orang Indonesia dari kakek (ayah dari ibunya) yang lahir di Semarang, Jawa Tengah. Saat ini dia tengah membela klub divisi kedua Liga Inggris Swansea City.

4. Thom Haye


Thom Haye lahir di Amsterdam dan memilik darah keturunan Indonesia yang berasal dari kakek dan neneknya. Dia saat ini sudah tiba di Indonesia.

Setelah melengkapi dokumen pendukung, Haye diwajibkan datang ke Indonesia dan menjalani beberapa agenda yang sudah dijadwalkan. Mulai dari interview di Badan Intelejen Negara (BIN) serta kedutaan.

Kemudian menjalani tes kesehatan atau medical check up di rumah sakit Mitra Keluarga Cibubur, Jawa Barat. Jika berjalan mulus, Haye bisa cepat memperoleh status Warga Negara Indonesia (WNI) dan diharapkan segera memperkuat Timnas Indonesia.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)