Thailand Dibantai Jepang 0-5, Bagaimana Timnas Indonesia?

Senin, 01 Januari 2024 - 19:56 WIB
loading...
Thailand Dibantai Jepang 0-5, Bagaimana Timnas Indonesia?
Thailand tak bisa berbuat banyak saat menghadapi Jepang pada laga uji coba. Bertanding di Japan National Stadium, Senin (1/1/2024), pasukan Masatada Ishii menyerah dengan skor 0-5 / Foto: Kyodonew
A A A
Thailand tak bisa berbuat banyak saat menghadapi Jepang pada laga uji coba . Bertanding di Japan National Stadium, Senin (1/1/2024), pasukan Masatada Ishii menyerah dengan skor 0-5.

Pada pertandingan uji coba ini perbedaan kualitas permainan begitu mencolok. Beberapa peluang hadir di babak pertama, namun Gajah Perang mampu mengimbangi permainan tuan rumah.

Di babak kedua, kondisinya berbeda. Lima menit setelah keluar dari ruang ganti, Ao Tanaka mencetak gol pertamanya di tahun 2024.



Setelah itu, Jepang berhasil menambah empat gol melalui aksi Keito Nakamura (72'), Elias Dolah (cetak gol bunuh diri), Takumu Kawamura (82') dan Minamino (90+1'). Hasil positif ini membuat Jepang belum terkalahkan dalam lima pertemuan terakhir melawan Thailand.

Kemenangan telak ini tentunya sinyal bahaya buat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Apalagi Jepang belum benar-benar menurunkan skuad terbaiknya saat menghadapi Thailand di laga uji coba ini.

Itu disebabkan lantaran ada sejumlah pemain andalan yang masih bertugas bersama klub mereka di Eropa. Karena itu, pelatih Jepang Hajime Moriyasu memberikan kesempatan kepada beberapa wajah baru untuk tampil sekaligus sebagai ajang untuk menyeleksi kesiapan pemain sebelum tampil di Piala Asia 2023.



Lantas, bagaimana Timnas Indonesia melihat kemenangan telak Jepang atas Thailand?

Mentalitas dan ketajaman pemain Jepang sepertinya menjadi hal yang patut diwaspadai. Itu mengacu pada jumlah gol yang dicetak Samurai Biru selama menghadapi Gajah Perang.

Menurut statistik, Jepang sudah mencetak 19 gol dan baru kebobolan dua gol selama menghadapi Thailand. Ini membuktikan bahwa kualitas permainan Jepang masih jauh berada di atas Thailand.

Tak hanya mental pemenang dan ketajaman pemain saja yang harus diwaspadai Shin Tae-yong. Chemistry antar pemain Jepang juga harus menjadi catatan.

"Kemenangan ini adalah hasil dari komunikasi para pemain di dalam dan di luar lapangan tentang apa yang perlu mereka lakukan untuk mengeluarkan yang terbaik dari satu sama lain," kata Moriyasu pasca pertandingan.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1794 seconds (0.1#10.140)