Deretan Pemain Timnas Indonesia yang Berkarier di Liga Malaysia: Pemain Ini Belum Pernah Dipanggil Skuad Garuda!

Jum'at, 05 Januari 2024 - 12:02 WIB
loading...
Deretan Pemain Timnas Indonesia yang Berkarier di Liga Malaysia: Pemain Ini Belum Pernah Dipanggil Skuad Garuda!
Deretan pemain Timnas Indonesia yang pernah berkarier di Liga Malaysia mendapat sorotan dari media lokal setempat / Foto: Jordi Amat (@jordiamat5)
A A A
Deretan pemain Timnas Indonesia yang pernah berkarier di Liga Malaysia mendapat sorotan dari media lokal setempat. Dari beberapa nama, hanya ada satu pemain yang tidak dipanggil untuk membela Skuad Garuda.

Pada musim lalu, ada tiga pemain Indonesia yang bermain di Liga Malaysia bersama klubnya masing-masing. Di antaranya, yakni Jordi Amat (Johor Darul Takzim), Saddil Ramdani (Sabah FC), dan Nathanael Siringoringo (Kelantan FC).

Namun, hanya Siringoringo saja menjadi pemain yang belum beraksi untuk skuad Timnas Indonesia dan paling muda jika dibandingkan Saddil serta Jordi. Menurut media lokal setempat, ada 23 pemain asal Indonesia yang pernah mencicipi kompetisi di Negeri Jiran.



Setelah itu, giliran Kelantan FC yang merekrut legenda Timnas Indonesia, Robby Darwis, pada 1989. Kemudian pada 1990-an, dua pemain Indonesia lainnya menyusul, yaitu Rahmad Darmawan dan Eri Irianto dengan klubnya masing-masing.

Jumlah pemain Indonesia di Liga Malaysia semakin meningkat pada era 2000-an. Sebut saja seperti Elie Aboy, Bambang Pamungkas, Ilham Jayakesuma, Kurniawan Dwi Yulianto, Budi Sudarsono, dan Ponaryo Astaman yang berkontribusi di timnya masing-masing.

Bambang Pamungkas tentu akan dikenang sebagai salah satu pemain Indonesia paling hebat yang pernah beraksi di Liga Malaysia ketika era kejayaan Selangor. Setelah itu, ada lagi beberapa nama besar lain seperti Andik Vermansah, Ilham Udin, Evan Dimas, Hamka Hamzah, Ferdinand Sinaga, dan lain-lain.



"Pemain Indonesia pertama yang meniti karier di Malaysia ialah Rastomoyo Kassim sekitar 1980-an. Tim yang dibelanya saat itu adalah Selangor, Bank Umum, dan ATM sebelum sang pemain terus bertahan di Malaysia hingga sekarang," tulis Semuanya Bola dalam judul artikel 'Berapa Banyak Pemain Indonesia yang Pernah Berkarier di Liga Malaysia?', Kamis (4/1/2024).

"Liga Malaysia (Liga M) sebenarnya bukan lagi satu nama asing buat para pemain di Indonesia untuk melebarkan karier mereka dalam dunia sepakbola profesional sejak sekian lama," imbuhnya.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)