Franco Morbidelli Sarankan Sprint Race Tak Digelar Setiap Akhir Pekan

Minggu, 07 Januari 2024 - 07:07 WIB
loading...
Franco Morbidelli Sarankan Sprint Race Tak Digelar Setiap Akhir Pekan
Franco Morbidelli menyarankan sprint race tak digelar setiap akhir pekan di MotoGP 2024 / Foto: Motorsport
A A A
Franco Morbidelli menyarankan sprint race tak digelar setiap akhir pekan di MotoGP 2024. Menurutnya, sprint race berisiko dan Dorna Sports sebaiknya memilih sirkuit mana yang memiliki antusias paling bagus untuk menggelar ajang tersebut.

Dorna Sports sebelumnya sudah mengumumkan format baru untuk MotoGP 2023 dengan menghadirkan sprint race. Para pembalap akan tampil di balapan sprint race sehari sebelum balapan utama.

Namun sprint race mendapatkan kritikan dari berbagai pihak serta para pembalap MotoGP. Sebab, MotoGP dianggap bakal membosankan serta berisiko terjadinya kecelakaan dan membuat pembalap bakal absen di balapan utama.



Sementara Morbidelli mengakui MotoGP sulit untuk menggelar sprint race setiap pekannya, karena F1 tak melakukan hal tersebut. "Sulit untuk melakukan sprint race setiap akhir pekan, mereka bahkan tidak melakukan hal itu di Formula 1. Mereka (pembalap F1) hanya duduk di dalam mobil, kami mengendarai sepeda motor dan terus-menerus bersaing, terkadang kami menyebabkan satu sama lain terjatuh," kata Franco Morbidelli dikutip dari Speedweek, Sabtu (6/1/2024).

Pembalap asal Italia itu menyarankan sprint race untuk dikurangi jumlahnya di MotoGP 2024, karena berisiko bagi pembalap. Selain itu, Morbidelli juga meminta Dorna Sports untuk menggelar sprint race di sirkuit yang memiliki antusias paling lebih banyak.



"(Sprint Race di MotoGP) Lebih berbahaya, meningkatkan risiko bagi pengemudi. Menurut saya, akan lebih baik jika jumlah sprint race dikurangi, letakkan di tempat yang menyenangkan," jelasnya.

Kendati demikian, Dorna Sports tidak memiliki rencana untuk mengurangi sprint race. Bahkan, di musim 2024 akan berlangsung 22 seri dan membuat Francesco Bagnaia dan pembalap lainya akan menjalani 44 balapan total dalam satu musim.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3013 seconds (0.1#10.140)