Brad Binder, Pembalap MotoGP Afsel Pertama Pencetak Sejarah

loading...
Brad Binder, Pembalap MotoGP Afsel Pertama Pencetak Sejarah
Brad Binder membuat sejarah setelah jadi pembalap Afsel yang berhasil naik podium pertama di MotopGP. Foto : Reuters
A+ A-
BRNO - Brad Binder telah membuat sejarah setelah menjadi pembalap MotoGP pertama dari Afrika Selatan yang berhasil naik podium pertama. Tak heran kalau keberhasilannya itu pun disambut meriah masyarakat di Afsel tak terkecuali ucapan selamat datang Presiden Cyril Ramaphosa.

MotoGP Rep Ceko akhir pekan lalu menjadi momen penting buat Binder. Tampil kurang diperhitungkan bahkan harus start dari posisi ketujuh, rookie berusia 24 tahun itu ternyata bisa memberikan persaingan. (Baca juga : Brad Binder, Pembalap Satelit Juara di GP Brno)

Sejumlah pembalap papan atas nama seperti Fabio Quartararo yang merajai dua seri sebelumnya dibuat tak berkutik. Sama halnya dengan Valentino Rossi yang dibuat terpental jauh di posisi kelima.

Warga Afsel pun bersorak dengan sukses Binder ini. Atas nama masyarakatnya, Ramaphosa pun memberikan ucapan selamat. (Lihat juga : Brad Binder Juarai MotoGP Republik Ceko 2020)

"Kami berbagi kegembiraan dan menantikan karier panjang suksesnya. Kemenangannya di Grand Prix Ceko memberi kami inspirasi, harapan dan kebanggaan serta mengangkat semangat Afrika Selatan di saat kami membutuhkan ini," kata Ramaphosa dikutip Foxsport, Selasa (11/8/2020). (Baca juga : Tanpa Marquez, Pandangan Kubu Honda Lihat pembalap Lain Naik Podium Bikin Sakit Mata)



Binder, yang lahir di Potchefstroom, 120 kilometer barat daya Johannesburg, menjadi orang Afrika Selatan pertama yang memenangkan balapan MotoGP. Dia adalah rookie pertama yang menang di kelas utama sejak 2013.

Sebelum sukses di Rep. Ceko, Binder pernah finis di urutan ke-13 di GP Spanyol dan tidak finis di GP Andalusia musim ini. Kemenangannya di Brno mengangkat moral negara yang tengah bergulat dengan pandemi virus korona dan krisis ekonomi.
(bbk)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top