Tes Doping Artur Beterbiev Ada Atipikal, Eddie Hearn: Temuan Tak Biasa

Jum'at, 12 Januari 2024 - 20:38 WIB
loading...
Tes Doping Artur Beterbiev Ada Atipikal, Eddie Hearn: Temuan Tak Biasa
Tes Doping Artur Beterbiev Ada Atipikal, Eddie Hearn: Temuan Tak Biasa/BoxinG Scene
A A A
Tes doping Artur Beterbiev ada atipikal atau obat antipsikotik tipikal menurut promotor tinju Eddie Hearn menjelang pertarungan melawan Callum Smith. Promotor tinju Eddie Hearn memang tidak menuduh Artur Beterbiev menggunakan obat peningkat performa pada hari Kamis.

Namun, promotor Callum Smith ini menjelaskan bahwa perusahaannya, Matchroom Boxing, menginginkan lebih banyak informasi terkait tes Voluntary Anti-Doping Association yang pada pertengahan Desember lalu menunjukkan bahwa Artur Beterbiev memiliki tingkat HGH dan testosteron yang tinggi dalam darah dan urinenya.



Hearn mendiskusikan hasil tes Beterbiev pada 6 Desember, yang terungkap dalam artikel yang diposting pada hari Rabu di keviniole.com, dengan sekelompok wartawan yang mengikuti konferensi pers terakhir untuk perebutan gelar juara kelas berat ringan antara Beterbiev (19-0, 19 KO) dan Smith (29-1, 21 KO). Hearn menekankan bahwa ini adalah temuan yang tidak lazim, bukan temuan yang merugikan, oleh karena itu pertarungan 12 ronde untuk memperebutkan gelar juara IBF, WBC dan WBO kelas berat badan 79,3 kg milik Beterbiev akan berlangsung sesuai rencana pada Sabtu malam di Videotron Centre, Quebec City, Kanada (ESPN; 22.00 WIB). "Bukan temuan yang merugikan, tetapi temuan yang tidak biasa," kata Hearn.

"Namun tetap saja meningkatkan level, yang mana sebagai promotor seorang petarung di pojok lain menjadi perhatian. Maka, kami telah bekerja sama dengan VADA untuk mencoba dan memahami alasannya. Semuanya ada di luar sana untuk informasi anda, untuk melakukan riset. Dan saya tahu mereka akan ingin kami berhati-hati dengan apa yang kami katakan."

Pengacara Smith dan perwakilan Matchroom tetap berkomunikasi secara konsisten dengan VADA sejak pihak Smith diberitahu hampir sebulan yang lalu tentang peningkatan kadar HGH dan testosteron dalam sistem Beterbiev. Hearn belum puas dengan apa yang telah mereka pelajari sejauh ini. "Tidak, tidak juga," kata Hearn.

"Maksud saya, ada pengujian tambahan sejak itu, tetapi tidak ada tambahan di sekitar hasil tersebut, hanya pengujian standar yang mengikuti. Jadi, dalam tes yang satu ini ada lonjakan zat-zat ini. Dan kemudian dalam tes seminggu setelahnya, tidak ada. Yang ingin kami ketahui adalah - kami bukan ilmuwan. Kami hanya ingin tahu mengapa tingkat tersebut meningkat? Dan pertanyaan-pertanyaan yang telah kami ajukan kepada VADA akan terus kami tanyakan."

Jika mereka tidak menerima jawaban yang memadai pada Sabtu malam, Smith dari Inggris, penantang wajib untuk sabuk WBC Beterbiev yang lahir di Rusia dan tinggal di Montreal, akan bertarung melawan Beterbiev sesuai jadwal. "Itu tidak akan mempengaruhi pertarungan," kata Hearn. "Anda tahu, karena secara kontrak kami hanya akan berada dalam posisi, atau pertarungan akan dibatalkan jika ada [temuan] yang tidak sesuai."



Hearn yang berasal dari Inggris menemukan perusahaan promotornya terlibat dalam beberapa cobaan berat terkait PED - terutama pada bulan Oktober 2022. Saat hasil tes positif dari Conor Benn atas clomiphene menyebabkan laga kelas menengah domestik melawan rivalnya, Chris Eubank Jr, dibatalkan dua hari sebelum pertandingan yang seharusnya berlangsung di O2 Arena, London.

Baru-baru ini, Hearn harus mengganti penantang kelas berat Dillian Whyte dengan Robert Helenius dalam waktu kurang dari satu minggu karena ada temuan yang merugikan dalam tes PED Whyte yang melarangnya untuk menghadapi mantan juara Anthony Joshua pada pertandingan ulang mereka pada 12 Agustus di O2 Arena. Hearn menuai banyak kritik atas penanganan Matchroom terhadap pembatalan Eubank-Benn.

Meskipun dia berulang kali mencatat perbedaan antara temuan yang tidak biasa dan temuan yang merugikan, Hearn bertanya-tanya dengan keras pada hari Kamis mengapa tidak ada yang lebih banyak dilakukan terhadap tes VADA Beterbiev dari bulan Desember. "Saya senang kemarin informasi itu keluar, karena kami sudah mengetahui informasi itu sejak pertengahan Desember," jelas Hearn.

"Tapi itu belum dirilis. Sulit untuk merilis informasi tersebut karena yang akan mereka rasakan adalah orang-orang akan menuduh Artur. Sekali lagi, saya berkomentar, ini bukan temuan yang merugikan. Namun ketika ada peningkatan kadar zat-zat tersebut, kami tidak bisa tidak menyelidikinya lebih lanjut. Kami tidak akan melakukan pekerjaan kami. Dan pengacara Callum telah melakukan hal itu dengan VADA. Anda tahu, sekali lagi, kami ingin sedikit lebih banyak informasi."
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3922 seconds (0.1#10.140)