Atlet Legendaris Indonesia Lisa Rumbewas Meninggal Dunia

Minggu, 14 Januari 2024 - 10:26 WIB
loading...
Atlet Legendaris Indonesia Lisa Rumbewas Meninggal Dunia
Atlet Legendaris Indonesia Lisa Rumbewas Meninggal Dunia. Foto: IST
A A A
JAYAPURA - Atlet Papua peraih tiga medali Olimpiade, Lisa Raema Rumbewas meninggal dunia. Pahlawan olahraga dari Papua itu dinyatakan meninggal dunia di RSUD Jayapura, Papua, Minggu (14/1/2024) sekitar pukul 03.00 WIT.

“Patriot Olahraga kebanggaan Indonesia itu meninggal dunia pada Minggu 14 Januari 2024 sekitar pukul 03.00 WIT di RSUD Jayapura,” tulis keterangan resmi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Minggu (14/1/2024).



Lisa merupakan salah satu mantan atlet angkat berat kebanggaan Tanah Air. Semasa menjadi atlet , Lisa telah menyumbangkan tiga medali di ajang Olimpiade, yakni pada edisi 2000, 2004, dan 2008.

Pada debutnya di Olimpiade Sydney 2000, putri dari pasang atlet binaraga Levi Rumbewas dan atlet angkat besi Ida Korwa, berhasil meraih medali perunggu di kelas 48 kg. Kemudian pada Olimpiade Athena 2004, ia meraih medali perak kelas 53 kg.

Keping medali Olimpiade ketiganya adalah perunggu di Beijing 2008. Medali tersebut diberikan (IOC) yang diwakili Komite Olimpiade Indonesia (KOI) pada 3 Desember 2017, di Hotel Sheraton Gandaria, Jakarta. Hal tersebut terjadi lantaran, atlet asal Belarusia, Nastassia Novikava terbukti menggunakan doping turinabol dan stanozol sehingga status medalinya dicabut.

Ketua Umum KONI, Letjen TNI Purn Marciano Norman berduka atas kepulangan Lisa. Marciano menyampaikan, Lisa akan selalu dikenang sebagai salah satu atlet angkat berat terbaik dan pahlawan olahraga Indonesia.

“Selaku Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat dan mewakili masyarakat olahraga prestasi, saya menyampaikan turut berduka cita. Semoga mendiang Lisa mendapatkan tempat yang mulia di sisi Tuhan, yang Maha Pengasih, dan Jasanya sebagai Patriot Olahraga akan selalu dikenang, serta memotivasi para Lifter Indonesia untuk meraih prestasi dunia,” ucap Marciano.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1391 seconds (0.1#10.140)