Timnas Indonesia Layangkan Protes ke AFC Menyoal Disahkan Gol Kedua Irak

Selasa, 16 Januari 2024 - 07:46 WIB
loading...
Timnas Indonesia Layangkan Protes ke AFC Menyoal Disahkan Gol Kedua Irak
Manajer Timnas Indonesia Endri Erawan menyatakan pihaknya telah melayangkan lembar protes ke AFC / Foto: PSSI
A A A
Manajer Timnas Indonesia Endri Erawan menyatakan pihaknya telah melayangkan lembar protes ke AFC. Protes karena kecewa terhadap putusan wasit yang mengesahkan gol kedua Irak .

Protes yang dilayangkan Manajer Timnas Indonesia dilakukan seusai Skuad Garuda menelan kekalahan 1-3 dari Irak dalam laga fase Grup D pada Piala Asia 2023 di Al-Rayyan, Senin (15/1/2024). Satu dari tiga gol Irak menimbulkan kontroversial, yaitu gol kedua karena proses gol itu diawali offside.

Kendati demikian, wasit asal Uzbekistan, Ilgiz Tantashev tetap mengesahkan gol itu. Padahal, tim wasit sempat melihat ulang proses terjadinya gol tersebut lewat tayangan ulang Video Assistant Referee (VAR).



"Setelah pertandingan, kami resmi protes keras kepada AFC terkait disahkannya gol kedua Irak. Kami sudah resmi melayangkan formulir protes dan diserahkan langsung ke match commissioner seusai laga," kata Endri Erawan dalam keterangan MNC Portal Indonesia (MPI), Selasa (16/1/2024).

Endri mengatakan paham protes itu tidak akan memengaruhi hasil laga antara Timnas Indonesia melawan Irak. Namun, dia harap AFC akan berbenah diri terkait kinerja wasit yang meminpin laga dalam Piala Asia 2023.

"Kami tahu protes ini tidak akan mengubah hasil pertandingan, tapi setidaknya untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya di ajang ini wasit/perangkat pertandingan bisa lebih baik lagi dalam mengambil keputusan," katanya.



Pada laga selanjutnya, Timnas Indonesia akan melawan Vietnam dalam fase Grup D. Pertemuan kedua tim itu akan berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat (19/1/2024)
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)