Hasil Piala Asia 2023: Kejutan, Irak Lolos 16 Besar usai Tumbangkan Jepang

Jum'at, 19 Januari 2024 - 20:33 WIB
loading...
Hasil Piala Asia 2023: Kejutan, Irak Lolos 16 Besar usai Tumbangkan Jepang
Pemain Irak Aymen Hussein melakukan selebrasi gol usai menjebol gawang Jepang di menit kelima pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Education City, Jumat (19/1/2024) / AsianCup2023 (@afcasiancup)
A A A
Timmas Irak secara mengejutkan mampu mencuri tiga poin saat bermain melawan Jepang di Stadion Education City, Jumat (19/1/2024) malam WIB. Pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023 , tim berjuluk Singa Mesopotamia menang dengan skor 2-1.

Sejak peluit dibunyikan, Irak tampil cukup mengejutkan. Mereka langsung mengambil inisitif untuk melakukan serangan.

Sejumlah percobaan dilakukan hingga akhirnya gawang Jepang yang dikawal Zion Suzuki akhirnya bergetar di menit kelima. Adalah Aymen Hussein, yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor usai menyambar bola tepisan kiper Samurai Biru tersebut.



Gol kejutan itu benar-benar membuat pemain Irak semakin percaya diri untuk membombardir pertahanan Jepang. Tercatat, tim besutan Jesus Casas berhasil menciptakan tiga shots on target sepanjang babak pertama berlangsung.

Sementara Jepang, yang unggul dalam penguasaan bola dengan persentase 70 persen berbanding 30 persen justru terlihat terburu-buru dalam melancarkan serangan. Sehingga tak ada tendangan yang benar-benar mengancam gawang Irak.

Di pengujung babak pertama usai, Aymen kembali mencatatkan namanya setelah umpan lambung Yahya mampu diselesaikan melalui sundulan. Hingga interval pertama usai, skor 2-0 untuk keunggulan Irak tak berubah.



Di babak kedua, Irak tak mengubah permainan cepat, disiplin, dan pressing ketat. Sementara Jepang mencoba untuk tidak terbawa arus permainan lawan.

Jepang menerapkan tempo permainan lambat untuk memancing pertahanan Irak keluar. Namun strategi itu tak berjalan mulus, karena tembok pertahanan Irak benar-benar sulit ditembus.

Bahkan hingga menit 80 Jepang hanya mampu melepaskan tendangan shots on target sebanyak satu kali dari delapan percobaan yang dilakukan.

Di pengujung laga, Jepang baru bisa memperkecil kedudukan menjadi 1-2. Namun sundulan Wataru Endo masih belum mampu menyelamatkan Samurai Biru dari kekalahan.

Pasalnya, hingga peluit panjang dibunyikan skor 2-1 untuk kemenangan Irak tak berubah. Kemenangan ini membuat Irak lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 dengan nilai enam poin. Sementara Jepang, masih menjaga peluang lolos ke tahap sistem gugur.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)