Tes Shakedown MotoGP 2024: Aprilia dan Honda Tuai Pujian, Yamaha Tampil Jeblok

Jum'at, 02 Februari 2024 - 19:04 WIB
loading...
Tes Shakedown MotoGP 2024: Aprilia dan Honda Tuai Pujian, Yamaha Tampil Jeblok
Aprilia dan Honda menuai pujian usai menjalani Tes Shakedown MotoGP 2024 / Foto: Repsol Honda Team (@HRC_MotoGP)
A A A
Aprilia dan Honda menuai pujian usai menjalani Tes Shakedown MotoGP 2024. Ini berbeda dengan apa yang dialami tim Yamaha , yang gagal tampil mengesankan selama uji coba tersebut.

Tes shakedown MotoGP berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 1–3 Februari 2024. Uji coba tersebut hanya boleh diikuti oleh pembalap penguji (test rider), pemula (rookie), dan tim yang mendapatkan konsesi.

Dalam tes hari pertama, tujuh pembalap diturunkan beserta rookie dari Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta. Tes ini menghasilkan Dani Pedrosa (pembalap penguji KTM) sebagai pembalap tercepat.



Pembalap asal Spanyol itu berhasil mencatatkan waktu 1 menit 59,233 detik. Pedrosa disusul dua pengendara KTM lainnya, Pedro Acosta serta Pol Espargaro yang menempati posisi kedua dan ketiga.

Urutan keempat hingga ketujuh secara berurutan diisi oleh Stefan Bradl (Honda), Michelle Pirro (Ducati), Cal Crutchlow (Yamaha), dan Lorenzo Savadori (Aprilia). Dari empat tim itu, Honda dan Aprilia disebut memiliki perkembangan impresif.

Laporan Paddock GP, Jumat (2/2/2024) memuji inovasi kedua tim itu dalam tes shakedown MotoGP 2024. Honda mempunyai sirip baru pada bagian depan motornya. Inovasi ini mengingatkan pada apa yang sudah dilakukan lebih dulu oleh Ducati dan KTM.



Inovasi Honda ini juga dikabarkan merupakan bagian dari proyek pengembangan untuk mengoptimalkan performa motor. Sementara, Aprilia sendiri menunjukkan ide baru dengan memasang panel karbon di lengan ayun pada motornya.

Pemasangan panel karbon ini mendapatkan pujian, lantaran termasuk dalam komitmen untuk mengembangkan teknologi canggih pada motor. KTM dan Ducati nampaknya tidak menunjukkan sesuatu yang baru pada motornya.

Berbeda dengan Aprilia dan Honda yang dipuji, Yamaha mendapatkan kesan kurang baik dari Paddock GP. Media Prancis itu mempertanyakan ketiadaan inovasi pada Yamaha yang diketahui sedang terpuruk belakangan ini.

"Kesan visual pertama dari Shakedown di Sepang membuat putus asa pada kasus Yamaha," tulis Paddock GP.

Meski demikian, Yamaha masih bisa membuktikkan pengembangan mereka pada dua tes shakedown selanjutnya. Tes selanjutnya akan berlangsung di sirkuit yang sama pada 2 dan 3 Februari 2024.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2409 seconds (0.1#10.140)