Kapan Christian Adinata Main? Begini Jawaban Pelatih Tunggal Putra

Minggu, 04 Februari 2024 - 07:07 WIB
loading...
Kapan Christian Adinata Main? Begini Jawaban Pelatih Tunggal Putra
Kepala pelatih tunggal putra Indonesia, Irwansyah, tak ingin Christian Adinata terburu-buru untuk comeback turun ke turnamen / Foto: Djarum Badminton
A A A
Kepala pelatih tunggal putra Indonesia, Irwansyah, tak ingin Christian Adinata terburu-buru untuk comeback turun ke turnamen. Ia ingin pemain itu benar-benar kuat terlebih dahulu ketika turun di pertandingan.

Christian telah menepi dari arena pertandingan karena mengalami cedera lutut parah. Terhitung sejak Mei 2023, maka ia telah absen kurang lebih selama delapan bulan.

Tentu banyak yang bertanya-tanya Christian akan kembali turun bertanding. Terlebih pemain kelahiran Pati itu sejatinya sudah bisa menjalani latihan namun belum 100 persen.



"Kalau mengenai Christian, saya enggak mau buru buru dia supaya ikut kejuaraan, enggak. Dia latihan yang bagus dulu aja. Karena cederanya juga bukan cedera yang ringan ya waktu dia jatuh itu. Jadi tunggu dia kuat dulu karena ini kan mengenai kepercayaan dirinya juga," ucap Irwansyah saat ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung.

Bukan hanya soal fisik, Irwansyah juga menekankan arti penting rasa trauma dalam diri Christian. Ia menilai anak asuhnya masih harus menguatkan hati dan mentalnya ketika nanti comeback.

"Kalau satu pemain cedera di lapangan kadang-kadang traumanya juga tinggi. Jadi kalau buat Christian, kejuaraan nanti dulu. Tunggu dia emang benar-benar siap. Saya sebagai pelatih juga enggak mau sembarang. Nanti berbahaya juga buat dia, mentalnya juga bertambah nge-down," jelas Irwansyah.



Meski begitu, ia memiliki keyakinan Christian akan comeback dengan hasil maksimal. Bahkan bisa membawa pulang gelar juara seperti yang sudah ia dapat saat di SEA Games 2023.

"Nanti pasti dia muncul lagi dan bisa juara lagi. Saya yakin itu. Karena apa? Kedisiplinannya dia itu tinggi banget. Dia satu pemain yang disiplin," katanya lagi.

"Jadi waktu dia enggak cedera aja dia semangat, lagi cedera ini pemulihannya juga semangatnya pun luar biasa untuk sembuh dan kuat lagi. Jadi disitu saya yakin dia bangkit dan bisa juara lagi," tutup Irwansyah.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0981 seconds (0.1#10.140)