Kenapa Penerapan VAR di Liga 1 Mundur?

Rabu, 07 Februari 2024 - 06:04 WIB
loading...
Kenapa Penerapan VAR di Liga 1 Mundur?
Suasana ruang monitor Video Assistant Referee (VAR) di Piala Dunia 2018. Foto: FIFA
A A A
JAKARTA - Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru ( LIB ), Asep Saputra memastikan penerapan Video Assistant Referee (VAR) molor dari wacana semula. VAR tidak akan diterapkan dalam pekan ke-25 Liga 1 2023/2024 pada Februari 2024.

Asep mengatakan PT LIB memang terus bekerja agar VAR dapat diterapkan secepatnya meskipun tidak sesuai target awal. Oleh dikarenakan, dia pastikan saat ini harus ada masa percobaan atau trial.

"Kondisi ini yang membuat apakah bisa dilakukan di bulan Februari, tentu kami berdiskusi dan komunikasi dengan Komite wasit PSSI dan pekan lalu pak Ketua Umum Erick Thohir," kata Asep di Jakarta, Selasa (6/2/2024).



"Setelah memikirkan A-Z beserta konsiderasi dan segala macamnya, kami mendapat rekomendasi bahwa penerapan VAR itu di Liga 1 akan diterapkan mulai championship series," tambahnya.

Championship Series Liga 1 musim ini dijadwalkan berlangsung mulai 4 Mei 2024. Oleh dikarenakan, seri reguler akan berakhir pada 28 April 2024.

Dia mengatakan PT LIB memang harus memastikan semuanya terkait VAR siap terlebih dahulu saat ini. Hal itu agar teknologi itu dapat mendompleng kualitas kompetisi di Indonesia.

"Semua butuh kesiapan dan beberapa hal yang dipertimbangkan. Tetapi sampai berjalan di kompetisi muda juga kami berupaya menerapkan lebih awal untuk percobaan. Ini yang sudah disampaikan ke teman-teman klub," katanya.

"Semua sebenarnya sudah ready dan tinggal tunggu approval. Namun, kami harus siap secara kualitas dan kuantitas dan memastikan untuk siap. Musim depan sudah bisa full dengan persiapannya," sambungnya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)