Pemegang Rekor Dunia Marathon Kelvin Kiptum Tewas dalam Kecelakaan Maut

Senin, 12 Februari 2024 - 12:04 WIB
loading...
Pemegang Rekor Dunia Marathon Kelvin Kiptum Tewas dalam Kecelakaan Maut
Pemegang Rekor Dunia Marathon Kelvin Kiptum Tewas dalam Kecelakaan Maut. Foto: BBC News
A A A
Pemegang rekor dunia lari marathon putra, Kelvin Kiptum dari Kenya, meninggal dunia dalam kecelakaan jalan raya di negara asalnya. Menurut laporan BBC, Kelvin sedang menumpang sebuah mobil saat kecelakaan terjadi.

Kelvin sedang melakukan perjalanan di jalan dekat kota Eldoret, dekat dengan tempat dia sedang berlatih, ketika peristiwa kecelakaan terjadi. Mobil yang ditumpangi atlet top dunia itu terlibat kecelakaan.

Kelvin Kiptum, 24 tahun, meraih gelar juara dunia marathon 2023 setelah mengalahkan rekan sejawatnya Eliud Kipchoge. Dia memecahkan rekor dunia Kipchoge di Chicago pada Oktober 2023 lalu, berlari sejauh 26,1 mil dalam dua jam dan 35 detik.



Tepat minggu lalu, timnya mengumumkan bahwa dia akan mencoba untuk berlari sejauh itu dalam waktu kurang dari dua jam pada marathon Rotterdam - sebuah prestasi yang belum pernah dicapai dalam kompetisi terbuka.

Pemimpin oposisi Kenya dan mantan perdana menteri, Raila Odinga, mengatakan di X (Twitter) bahwa negara telah kehilangan "seorang pahlawan sejati" dan meratapi "seorang individu luar biasa... dan ikon atletik Kenya".

Mengenang atlet tersebut, Sebastian Coe, presiden World Athletics, menggambarkan Kiptum sebagai seorang olahragawan yang luar biasa meninggalkan warisan yang luar biasa, "Kami akan sangat merindukannya".

Kelvin berkompetisi dalam perlombaan utama pertamanya empat tahun sebelumnya berlari dengan sepatu pinjam karena dia tidak mampu membeli sepasang sendiri.

Dia termasuk dalam kelompok atlet Kenya baru yang memulai karier mereka di jalan, menjauh dari tradisi masa lalu atlet memulai di lintasan sebelum beralih ke jarak yang lebih jauh.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3652 seconds (0.1#10.140)