Jadwal Kualifikasi PD 2022 Diundur, Tae-yong Fokus Siapkan Timnas U-19

loading...
Jadwal Kualifikasi PD 2022 Diundur, Tae-yong Fokus Siapkan Timnas U-19
Foto/PSSI
A+ A-
JAKARTA - Dewi fortuna sepertinya berpihak kepada Pelatih Shin Tae-yong setelah AFC memutuskan menunda kualifikasi Piala Dunia Zona Asia. Kini, Tae-yong bisa sepenuhnya fokus mempersiapkan tim nasional Indonesia U-19 menghadapi putaran final Piala Asia.

Beban yang dipikul Tae-yong sedikit berkurang. Sedianya, pelatih asal Korea Selatan itu harus membagi tenaga dan pikirannya untuk mengantarkan timnas U-19 dan timnas senior meraih hasil maksimal pada dua event berbeda.

Skuad Garuda Muda akan melakoni babak penyisihan Piala Asia U-19 di Uzbekistan pada 14 hingga 31 Oktober. Tergabung di Grup A, Indonesia akan menghadapi tuan rumah Uzbekistan, Iran, dan Kamboja. Empat tim yang lolos ke semifinal berhak tampil di Piala Dunia U-20 di mana Indonesia menjadi tuan rumah pada tahun depan.

Jadwal Kualifikasi PD 2022 Diundur, Tae-yong Fokus Siapkan Timnas U-19


Di saat bersamaan, Tae-yong juga harus mendampingi timnas senior merampungkan tiga laga sisa kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 8 Oktober dan laga terakhir 12 November. Skuad Merah Putih yang dipastikan tidak lolos akan menghadapi Vietnam, Malaysia, dan Uni Emirat Arab. (Baca: Intip Porsi Latihan Timnas Indonesia di Bawah Protokol Kesehatan)



Untuk memastikan kedua tim meraih hasil maksimal, Tae-yong saat ini menggelar pemusatan latihan bersamaan di Stadion Madya Senayan, Jakarta. Apalagi, pelatih berusia 51 tahun itu diharapkan bisa mengantarkan timnas senior menyapu bersih tiga pertandingan sisa.

Namun, beban itu berkurang seiring kabar berembus dari Konfederasi Sepak Bola Asia, AFC. Federasi sepak bola di Asia tertinggi itu memutuskan menunda jadwal kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar zona Asia yang sedianya digelar pada Oktober-November, menjadi 2021.

“Mengingat situasi Covid-19 saat ini di banyak negara, FIFA, dan AFC memutuskan pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA Qatar 2022 dan Piala Asia 2023 yang semula dijadwalkan berlangsung selama jeda pertandingan internasional Oktober dan November 2020, dijadwal ulang pada 2021,” tulis AFC, dalam laman resminya.

Dalam keterangannya, AFC menyatakan jika penundaan ini dilakukan untuk melindungi dan memberikan jaminan kesehatan kepada negara peserta. Sebelum menentukan jadwal baru, federasi mengatakan akan terus memantau situasi perkembangan pandemi virus corona di kawasan Asia. (Baca juga: Postingan Menghujat Nabi Muhammad Picu Bentrokan, Tiga Tewas)

“FIFA dan AFC akan terus bekerja sama untuk memantau situasi di wilayah tersebut dan mengkaji tanggal baru untuk masing-masing pertandingan kualifikasi. Rincian putaran berikutnya akan diumumkan kemudian,” ujar AFC dalam keterangannya.



Jadwal Kualifikasi PD 2022 Diundur, Tae-yong Fokus Siapkan Timnas U-19


Menanggapi penundaan tersebut, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan jika PSSI menghormati keputusan AFC dan FIFA. Apalagi, penundaan dilakukan dengan kesehatan dan keselamatan banyak orang terkait pandemi virus corona. (Lihat videonya: Jaksa Cantik Pinangki Jadi Tersangka, Diduga Terima Suap Rp7 Miliar)

“PSSI mendukung keputusan FIFA dan AFC terkait penundaan pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022. Dengan ini tentunya tim pelatih akan mengubah program latihan, apalagi Piala AFF 2020 juga telah ditunda. Kami berharap pemain tetap bersemangat dan berlatih terus untuk memberikan yang terbaik untuk timnas Indonesia,” kata Iriawan.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mengatakan, PSSI sejauh ini mendapatkan informasi dari AFC jika Turnamen Piala AFC U-19 dan U-16 pada 2020 masih sesuai jadwal. Namun demikian, setiap federasi dan negara anggota AFC diperkenankan memberikan masukan terkait kelanjutan kedua turnamen tersebut. (Abriandi)
(ysw)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top