Resmi, Bayern Muenchen Putuskan Pisah dengan Thomas Tuchel

Rabu, 21 Februari 2024 - 17:46 WIB
loading...
Resmi, Bayern Muenchen Putuskan Pisah dengan Thomas Tuchel
Resmi, Bayern Muenchen Putuskan Pisah dengan Thomas Tuchel. Foto: FC Bayern
A A A
MUNICH - Bayern Muenchen secara resmi telah mengumumkan perpisahan dengan sang pelatih, Thomas Tuchel . Namun, mereka baru akan berpisah di akhir musim ini.

Dengan begitu, Muenchen memutus kontrak Tuchel lebih awal. Sedianya, kontrak pelatih asal Jerman itu baru akan berakhir pada 30 Juni 2025 mendatang. Keputusan itu diambil setelah kedua belah pihak melakukan diskusi bersama.

“FC Bayern Munich dan pelatih kepala Thomas Tuchel bersama-sama memutuskan untuk mengakhiri hubungan kerja yang semula berjalan hingga 30 Juni 2025, menjadi pada 30 Juni 2024. Demikian hasil diskusi konstruktif antara CEO Munich, Jan-Christian Dreesen dan Thomas Tuchel,” tulis pernyataan Munich di laman resmi mereka, Rabu (21/2/2024).



Sebelumnya, kabar pemecatan Tuchel sedang panas dibicarakan akhir-akhir ini setelah Muenchen sedang dalam performa yang memprihatinkan. Mereka kalah dalam tiga laga beruntun di semua kompetisi termasuk saat dibungkam VfL Bochum 2-3 di Liga Jerman 2023/2024 akhir pekan lalu.

Alhasil, kini Joshua Kimmich dan kolega tertinggal delapan poin dari sang pemuncak klasemen, Bayern Leverkusen. Bahkan, mereka terancam gugur di babak 16 besar Liga Champions 2023/2024 setelah tumbang 0-1 dari Lazio pekan lalu.

Sebelumnya, Muenchen juga sudah gugur di babak kedua Piala Liga Jerman 2023/2024 usai dibekuk tim kasta bawah, Saarbrucken. Kondisi itu benar-benar membuat mereka terancam mengakhiri musim ini tanpa gelar.

Kini, Munich telah memutuskan memecat Tuchel. Mereka pun bakal mencari pelatih baru musim depan.

“Dalam diskusi yang baik dan terbuka, kami mengambil keputusan untuk mengakhiri hubungan kerja kami dengan kesepakatan bersama di musim panas. Tujuan kami adalah mengejar arah sepakbola baru dengan pelatih kepala baru untuk musim 2024/2025,” jelas CEO Munich, Jan-Christian Dreesen.

“Sampai saat itu, setiap individu di klub secara tegas diminta untuk mencapai hasil maksimal di Liga Champions dan Liga Jerman. Saya juga secara eksplisit meminta pertanggungjawaban tim dalam hal ini. Khususnya di Liga Champions, setelah kalah 1- 0 pada leg pertama di Lazio, kami yakin kami akan mencapai perempat final di Allianz Arena yang penuh sesak dan didukung oleh para pendukung kami,” pungkasnya.

Tuchel sendiri belum genap setahun menukangi Muenchen setelah menggantikan Julian Nagelsmann pada Maret 2023 lalu. Musim lalu, dia mampu mempersembahkan gelar juara Liga Jerman untuk FC Hollywood -julukan Muenchen.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3131 seconds (0.1#10.140)