Jaring Pesilat Muda Potensial, IPSI Jakarta Utara Gelar Turnamen Silat Antar Pelajar

Sabtu, 24 Februari 2024 - 17:11 WIB
loading...
Jaring Pesilat Muda Potensial, IPSI Jakarta Utara Gelar Turnamen Silat Antar Pelajar
IPSI Jakarta Utara Gelar Turnamen Silat Antar Pelajar. Foto: MPI/Andhika Khoirul Huda
A A A
JAKARTA - Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jakarta Utara menggelar Kejuaraan Pencak Silat Pelajar Jakarta Utara (KPJU 6) 2024. Pertandingan ini berlangsung selama dua hari mulai 24 hingga 25 Februari 2024.

Sebanyak 1129 atlet yang terdiri dari kategori pelajar Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kota Jakarta Utara ikut meramaikan KPJU edisi keenam ini. Mereka berasal dari kelas pemasalan, pembinaan maupun prestasi.

Pembukaan turnamen KPJU 6 2024 ini pun berlangsung meriah di Gelanggang Remaja Jakarta Utara (GRJU), Kebon Bawang, Jakarta Utara, pada Sabtu (24/2/2024) siang WIB. Turut hadir, Sekretaris Umum IPSI DKI Jakarta, Wahyu Supriatna dan Ketua Umum KONI Jakarta Utara, Nasrul Taslim Qodar.

Ketua Umum IPSI Jakarta Utara sekaligus Ketua Panitia KPJU 6 2024, Indra Darmawan, mengungkapkan bahwa turnamen ini digelar rutin setiap tahunnya untuk menjaring para pesilat potensial yang bisa berprestasi di tingkat yang lebih tinggi. Di samping itu, sertifikat prestasi yang diberikan kepada para pemenang bisa membantu mereka masuk ke sekolah-sekolah yang diinginkan lewat jalur prestasi.

“Jadi memang kegiatan ini kontinyu, setiap tahun kita adakan. Tujuannya yang pertama untuk menjaring atlet-atlet yang berpotensi dan berprestasi untuk membawa nama IPSI Jakarta Utara, pada kejuaraan ke depan untuk tingkat DKI,” kata Indra kepada MNC Portal Indonesia, Sabtu (24/2/2024).
Jaring Pesilat Muda Potensial, IPSI Jakarta Utara Gelar Turnamen Silat Antar Pelajar

“Selain itu, para atlet-atlet pelajar ini jika mampu berprestasi di turnamen ini, mereka bisa menggunakan sertifikat prestasi mereka untuk masuk ke sekolah melalui jalur prestasi,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Indra menjelaskan nantinya para atlet yang berprestasi di ajang KPJU ini bakal menjadi atlet binaan IPSI Jakarta Utara. Mereka akan difokuskan untuk berlatih dan ditempa agar siap untuk bersaing di tingkat turnamen provinsi DKI Jakarta.

IPSI Jakarta Utara sendiri sudah memetik buah manis dari pembinaan dan regenerasi pemain yang dijalankan secara berkala. Mereka mampu menyabet tiga gelar juara umum dalam kejuaraan pencak silat di tingkat DKI Jakarta pada edisi 2023 lalu.
Jaring Pesilat Muda Potensial, IPSI Jakarta Utara Gelar Turnamen Silat Antar Pelajar

Indra pun berharap digelarnya turnamen KPJU 6 2024 ini bisa menambah kegiatan-kegiatan positif para pelajar di Jakarta Utara, khususnya yang berkecimpung di dunia silat. Alhasil, mereka bisa terhindar dari maraknya kegiatan-kegiatan negatif yang bisa merusak masa depan mereka seperti tawuran dan narkoba.

“Harapan saya untuk para atlet yang bertanding, mereka bisa menjaga dan menghindari dari kegiatan-kegiatan yang negatif, karena kita tahu bahwa di luar sana untuk narkoba maupun tawuran dan lain sebagainya itu cukup marak. Nah, insya allah dengan adanya kegiatan ini atlet-atlet Pencak Silat IPSI Jakarta Utara bisa menghindari itu,” jelas Kader Partai Perindo itu.

Pada hari pertama ini, KPJU 6 2024 akan mempertandingkan para pelajar tingkat SMP dan SMA. Pada hari kedua besok barulah para pelajar tingkat SD berkompetisi.

Dalam acara pembukaan KPJU 6 2024, IPSI Jakarta Utara turut melantik dua perguruan baru sebagai anggota mereka, yakni Petarung Jagat Indonesia dan Ksatria Pewaris Silat Indonesia. Dengan penambahan tersebut, kini IPSI Jakarta Utara memiliki 59 perguruan di dalam wilayah mereka.

“Saya berharap untuk para perguruan pencak silat yang tergabung di IPSI Jakarta Utara terus berlatih, tunjukkan prestasi kalian, dan saya berharap masing-masing perguruan bisa mengirimkan atletnya dan bisa menjadi atlet binaan IPSI Jakarta Utara kedepannya,” pungkas Indra.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2491 seconds (0.1#10.140)