Magnus Iron Games Gelar Turnamen Powerlifting Umum Terbesar di Indonesia

Minggu, 25 Februari 2024 - 22:56 WIB
loading...
Magnus Iron Games Gelar Turnamen Powerlifting Umum Terbesar di Indonesia
Magnus Iron Games Gelar Turnamen Powerlifting Umum Terbesar di Indonesia. Foto-Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Magnus Iron Games mencetak sejarah di tahun 2024. Mereka menggelar pertandingan powerlifting untuk umum terbesar yang pernah berlangsung di Indonesia.

Sebagai permulaan, Magnus Iron Games menggelar babak qualifier 1. Acara itu digelar di Gandaria City, Jakarta Selatan, 24-25 Februari 2024. Founder Magnus Iron Games, Hans Krisna, menjelaskan kegiatan ini memberi kesempatan masyarakat umum menjadi profesional di bidang powerlifting.

"Tujuannya untuk para amatir powerlifting berkesempatan untuk tanding di level internasional, karena itu kita sediakan acara ini," kata Hans kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia, saat ditemui di Gandaria City, Jakarta Selatan, Minggu (25/2/2024).


Magnus Iron Games Gelar Turnamen Powerlifting Umum Terbesar di Indonesia

"Karena biasanya level powerlifting internasional hanya bisa diikuti oleh atlet dan dengan mengikuti event ini, mereka bisa juga diakui secara internasional," imbuhnya.

Hans mengatakan hal itu bukannya tanpa dasar. Dia menuturkan bahwa Maguns Iron Games saat ini terafiliasi dengan federasi internasional, yakni International Powerlifting Association (IPA).

"Kami berkomunikasi dengan federasi internasional namanya Internasional Powerlifting Association atau IPA. Jadi, kita memang kerja sama dengan federasi internasional. Kalau di Indonesia tidak ada dan justru kita membuat federasi sendiri yang terafiliasi dengan luar," jelasnya.
Magnus Iron Games Gelar Turnamen Powerlifting Umum Terbesar di Indonesia

Dalam babak qualifier 1, total terdapat 150 peserta yang ikut bertanding di enam flight untuk pria, yakni U67.5, U75, U82.5, U90, U100, dan U100+. Ada pula dua flight untuk wanita, yakni U60 dan U60+. Para pemenang ini akan terus bertanding sampai ke tingkat nasional untuk memperebutkan hadiah serta tiket untik berkompetisi di kancah internasional.

"Kita akan buat qualifier setahun empat kali. Jadi, yang lolos di sini nanti berhak ikut di kejuaran yang tingkatannya nasional dan yang sudah juara nasional bisa kita kirim ke luar negeri untuk tanding mewakili Indonesia," ujar Hans.

Kini, telah terpilih pula dua orang yang menjadi Best Lifter di babak qualifier 1. Mereka adalah Keglis Dagon dan Kayla Anasya.

Hans juga mengungkapkan bahwa qualifier Magnus Iron Games rencananya akan digelar di kota-kota selain Jakarta setelah ini. Tiga kota yang jadi target utama adalah Bali, Surabaya, dan Semarang.

Dia berharap ajang ini bisa menjadi tempat yang mewadahi para powerlifter amatir di Tanah Air. Sebab, tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak, mereka tak mampu bergerak maju dan berkembang untuk mencatatkan prestasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1844 seconds (0.1#10.140)