Yunus Nusi: Nathan Tjoe-A-On Belum Tentu Ambil Sumpah WNI pada 12 Maret 2024

Jum'at, 08 Maret 2024 - 08:08 WIB
loading...
Yunus Nusi: Nathan Tjoe-A-On Belum Tentu Ambil Sumpah WNI pada 12 Maret 2024
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi belum bisa memastikan Nathan Tjoe-A-On melakukan pengambilan sumpah Warga Negara Indonesia (WNI) / Foto: Nathan Noël (@nathantjoeaon)
A A A
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI , Yunus Nusi belum bisa memastikan Nathan Tjoe-A-On melakukan pengambilan sumpah Warga Negara Indonesia ( WNI ). Dia menjelaskan tidak semuanya calon pemain naturalisasi akan mengambil sumpah pada 12 Maret 2024.

DPR RI telah memberikan rekomendasi kewarganegaraan kepada Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, dan Maarten Paes pada Kamis (7/3/2024). Selanjutnya, ketiga pemain tersebut menunggu Keputusan Presiden (Keppres) dan pengambilan sumpah untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Sebelumnya, Zainudin Amali mengatakan Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, dan Maarten Paes akan mengambil sumpah pada 12 Maret 2024. Ketiganya diharapkan bisa memperkuat Timnas Indonesia untuk menghadapi Vietnam dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.



Kendati demikian, Yunus Nusi mengatakan PSSI masih menunggu kepastian Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, dan Maarten Paes untuk mengambil sumpah pada 12 Maret mendatang. Selain menunggu kepastian tiket penerbangan, ia juga menjelaskan Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir akan langsung mengumumkan kedatangan tiga pemain keturunan Indonesia-Belanda tersebut.

"Ini kita lagi tunggu kepastian tiketnya dulu. Kalau sudah pasti, ketum langsung yang rilis. Kalau sudah pasti, mereka akan datang ke Indonesia," kata Yunus Nusi di Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Lebih lanjut, Yunus Nusi mengatakan tidak semua pemain mengambil sumpah WNI pada 12 Maret mendatang. Namun, pihaknya masih belum bisa memastikan tanggal pengambilan sumpah karena akan menjadi polemik jika batal.



"Pengambilan sumpah tidak semuanya karena kami akan mengumumkan bila mereka sudah dipastikan mau berangkat. Kalau masih dalam proses rencana, kami belum mau memastikan, kami khawatir ditunda dan lain-lain bisa jadi polemik lagi," jelasnya.

Selain, Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, dan Maarten Paes, Nathan Tjoe-A-On juga belum mengambil sumpah WNI. Pemain yang sedang dipinjamkan ke SC Heerenveen itu sejatinya dijadwalkan mengambil sumpah pada 28 Desember 2023, tetapi terkendala karena ada urusan dengan timnya.

Meski belum mengambil sumpah WNI, tetapi Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, dan Nathan Tjoe-A-On masuk ke dalam 28 pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia melawan Vietnam. Sementara, Shin Tae-yong tidak memasukan nama Maarten Paes.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2895 seconds (0.1#10.140)