Tyson Fury vs Oleksandr Usyk Pakai 6 Juri untuk Hindari Kontroversi yang Membunuh Tinju

Sabtu, 16 Maret 2024 - 17:39 WIB
loading...
Tyson Fury vs Oleksandr Usyk Pakai 6 Juri untuk Hindari Kontroversi yang Membunuh Tinju
Tyson Fury vs Oleksandr Usyk Pakai 6 Juri untuk Hindari Kontroversi yang Membunuh Tinju/The Sun
A A A
Tyson Fury vs Oleksandr Usyk memakai 6 juri untuk menghindari kontroversi yang membunuh tinju dalam pertarungan bersejarah kelas berat yang memperebutkan empat sabuk. Tyson Fury vs Oleksandr Usyk akan menjadi pertarungan bersejarah dengan format baru setelah petisi darurat diluncurkan WBC.

Kepala WBC memberikan penjelasan penuh semangat untuk menghindari kontroversi yang membunuh tinju. Pertarungan Tyson Fury vs Oleksandr Usyk akan menghasilkan seorang juara dunia kelas berat yang tak terbantahkan.



Dan ini juga dapat menjadi debut bagi format baru yang dramatis saat keduanya berhadapan. Hal ini dikarenakan presiden WBC, Mauricio Sulaiman, menginginkan adanya enam juri dalam pertarungan ini - bukan tiga juri seperti biasanya.

Dan dia bahkan telah meluncurkan petisi darurat untuk meloloskan usulan radikal tersebut. Hal ini termasuk Sulaiman yang menghubungi organisasi-organisasi saingannya, WBA, IBF dan WBO, serta pihak-pihak lain yang terlibat dalam pertarungan, untuk mengajak mereka bergabung.

Berbagai pertarungan besar telah diwarnai kontroversi terkait penilaian juri - seperti kemenangan Fury atas Francis Ngannou dan kemenangan kontroversial Josh Taylor atas Jack Catterall pada tahun 2022. Ada juga tanda tanya besar atas kemenangan Rey Vargas yang mempertahankan sabuk juara kelas bulu melawan Nick Ball meski sempat terjatuh dua kali.

Dan menggandakan jumlah juri dapat membantu memberantas kecurangan yang merusak hasil pertandingan. Sulaiman mengatakan kepada Boxing Scene: "Apa yang kita lihat minggu lalu di Arab Saudi adalah contoh lain dari betapa rapuhnya kepemimpinan di seluruh dunia.''

"Kita melihat seorang juri memberikan kemenangan besar dan juri lain memberikan kemenangan pada lawannya. Kontroversi seperti yang terjadi pada pertarungan Fury vs Usyk akan membunuh tinju. Pertarungan, terutama yang berada di level tertinggi ini, layak mendapatkan hal ini, maka saya mengajukan proposal ini sekarang kepada semua badan tinju resmi, promotor, dan petarung. Ini harus menjadi sesuatu yang kita semua setujui."



Fury dan Usyk akhirnya akan memasuki ring pada tanggal 18 Mei. Tanggal awal mereka pada 23 Desember diundur setelah perjuangan Fury melawan legenda MMA, Francis Ngannou. Kemudian hanya dua minggu sebelum pertemuan mereka pada 17 Februari yang diatur ulang di Saudi, Raja Gipsi menderita luka parah di atas matanya saat berlatih.

Kini, jika salah satu dari kedua petarung ini menarik diri dari tanggal yang baru, mereka harus membayar hampir 8 juta poundsterling kepada rivalnya. Pertarungan ini akan berlangsung di Arab Saudi dan untuk pertama kalinya, Sky Sports, TNT Sports dan DAZN memiliki hak siar saat mereka bertarung untuk meraih angka tertinggi dalam hal jumlah penonton.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2053 seconds (0.1#10.140)