Jay Idzes Pemain Terbaik di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Senin, 01 April 2024 - 18:42 WIB
loading...
Jay Idzes Pemain Terbaik di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia
Jay Idzes terpilih sebagai pemain terbaik di matchday bulan Maret putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia / Foto: AFC
A A A
Jay Idzes terpilih sebagai pemain terbaik di matchday bulan Maret putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pemain Timnas Indonesia ini berhasil mengalahkan kandidat lainnya lewat pemungutan suara.

Jay Idzes tampil dua kali selama di laga ketiga dan keempat putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Dalam dua pertandingan, Jay menjaga lini pertahanan Timnas Indonesia saat melawan Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024.

Hasilnya manis, pemain Venezia itu berhasil membantu Timnas Indonesia memenangkan dua pertandingan tersebut tanpa kebobolan. Pada laga pertama, Skuad Garuda menang 1-0. Lalu, Timnas Indonesia kembali menang di laga kedua dengan skor 3-0.



Dua kemenangan manis ini membuat Jay masuk daftar kandidat pemain terbaik di matchday bulan Maret putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia versi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Jay terdaftar bersama 11 kandidat lainnya, termasuk bintang Tottenham Hotspurs Son Heung-min (Korea Selatan).

Namun, Jay berhasil mengalahkan para pemain lainnya usai mendapatkan suara tertinggi melalui polling yang dilakukan AFC dari 29 – 31 Maret 2024. Pemain berusia 23 tahun itu berhasil mendapatkan 50 persen suara disusul oleh Mousa Al-Taamari (Yordania) dengan 20 persen suara, dan Omar Khrbin (Suriah) dengan 14 persen suara.

Lalu, ada Sharif Mukhammad (Afghanistan) yang mendapatkan 9 persen suara, dan terakhir Oday Dabbagh (Palestina) dengan 6 persen suara. AFC sendiri mengakui bahwa Jay melakukan debut yang manis bersama Timnas Indonesia.



"Jay Idzes, yang melakukan debutnya di Indonesia dengan clean sheet dalam kemenangan 1-0 melawan Vietnam di Matchday Ketiga, membawa segudang pengalaman bermain di klub-klub Belanda dan Italia," tulis AFC dikutip dari laman resminya, Senin (1/4/2024).

Selain menjaga pertahanan dengan baik, Jay juga mampu mencetak satu gol ke gawang Vietnam. Gol tersebut tercipta melalui tandukkan keras usai memanfaatkan sepak pojok di My Dinh National Stadium, Hanoi pada Selasa (26/4/2024) lalu.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)