Ronald Koeman Datang, Barcelona Belajar Hidup Tanpa Messi

Senin, 17 Agustus 2020 - 22:43 WIB
loading...
Ronald Koeman Datang, Barcelona Belajar Hidup Tanpa Messi
Ronald Koeman Datang, Barcelona Harus Siap Hidup Tanpa Messi. Foto: Tribuna
A A A
BARCELONA - Ronald Koeman bakal jadi suksesor Quique Setien di kursi pelatih Barcelona. Pelatih asal Belanda itu punya prinsip: Barcelona harus belajar hidup tanpa Lionel Messi .

Jabatan pelatih Barcelona terasa panas setelah klub berjuluk Blaugrana itu tersingkir dari Liga Champions 2019/2020. Skuat asuhan Quique Setien gagal melaju ke semifinal usai dibantai Bayern Muenchen dengan skor telak 2-8. (Baca Juga: Barcelona Pecat Setien, Koeman Siap Ambil Alih Kekuasaan )

Tak lama setelah itu, Barcelona dikabarkan berencana merombak susunan kepelatihan dengan merekrut Ronald Koeman sebagai pengganti. Usut punya usut, Koeman pernah mengungkapkan pemikirannya tentang Barcelona di masa yang akan datang.

Pada bulan April 2020 lalu, pelatih Timnnas Belanda itu menyarankan Barcelona agar bertenti bergantung pada Lionel Messi. Menurutnya, Messi adalah pemain terbaik dunia, akan tetapi tidak selamanya Messi bisa membantu Barcelona menang.

“Leo (Messi, red) adalah yang terbaik sepanjang masa. Tapi dia manusia dan tidak selamanya bisa memecahkan masalah tim. Barca harus mempersiapkan hidup tanpa dia secara bertahap.” kata Koeman pada saat itu.

“Tanpa Messi, tentu rasanya tidak akan sama. Tapi itu semua akan terjadi,” lanjut Koeman.

Empat bulan setelah Koeman mengeluarkan pernyataan itu, nasib Barcelona seperti di ujung tanduk. Selain gagal di La Liga dan Liga Champions, El Barca juga dikabarkan bakal ditinggal Lionel Messi. (Lihat Grafis: Dua Tim Prancis dan Jerman Bersaing Rebut Trofi Si Kuping Besar )

Di waktu yang sama, Koeman diyakini akan tiba dan membereskan semua masalah tersebut. Apakah Barcelona sudah siap hidup tanpa Messi?
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1625 seconds (0.1#10.140)