Hasil F1 GP China 2024: Max Verstappen Pertama Kali Menang di Shanghai

Minggu, 21 April 2024 - 16:32 WIB
loading...
Hasil F1 GP China 2024: Max Verstappen Pertama Kali Menang di Shanghai
Max Verstappen mengakhiri penantian panjangnya untuk memenangkan balapan di Formula 1 GP China 2024 / Foto: Kolase
A A A
Max Verstappen mengakhiri penantian panjangnya untuk memenangkan balapan di Formula 1 GP China 2024. Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit International Shanghai, Minggu (21/4/2024), pilot jet darat tim Red Bull Racing itu keluar sebagai pemenang usai melahap 56 lap.

Ini pertama kalinya Verstappen memenangkan balapan di GP China. Dia berhasil mengasapi Lando Norris dan Sergio Perez, mengekor di posisi kedua serta ketiga.

Penampilan Verstappen di Sirkuit International Shanghai cukup mengesankan. Memulai balapan dari posisi terdepan, Verstappen langsung tancap gas begitu balapan dimulai untuk mempertahankan posisinya. Dia pun masih memimpin begitu melewati Tikungan 1 diikuti oleh Sergio Perez, Fernando Alonso, Lando Norris dan Oscar Piastri.


Verstappen pun terus berada di depan hingga mencapai lap 13 dengan mengungguli Perez, Norris, Charles Leclerc, Piastri dan Carlos Sainz. Sedangkan Alonso terlempar ke urutan sembilan.

Pada lap 14, Verstappen dan Perez kompak masuk ke dalam pit untuk mendapatkan ban keras baru. Kedua pembalap Red Bull Racing itu pun kembali ke lintasan di posisi empat dan enam.

Hanya butuh lima lap saja bagi Verstappen untuk kembali memimpin balapan di mana pembalap asal Belanda itu menggeser Norris dengan kecepatan yang luar biasa di trek lurus. Lalu, pada lap 23, safety car dikeluarkan karena mobil Valtteri Bottas kehilangan tenaga.


Pada lap 26 safety car kembali keluar karena Lance Stroll menabrak bagian belakang mobil Daniel Ricciardo. Kondisi itu terus bertahan hingga menginjak lap 31 di mana Verstappen masih memimpin di depan Norris, Leclerc, Perez, Alonso dan Sainz.

Sampai mencapai lap 45, sang juara bertahan masih belum bisa digoyahkan oleh Norris yang terus membuntutinya. Sementara Perez berhasil menyalip Leclerc untuk mengambil alih tempat ketiga.

Bintang Mercedes, Lewis Hamilton, mulai beranjak mendekati posisi lima besar setelah melakukan beberapa overtake yang luar biasa. Dia masih berada di posisi delapan di belakang Leclerc, Sainz, George Russel dan Piastri.

Sampai dua lap jelang finis, Verstappen tak tergeser sedikitpun. Dia justru semakin jauh meninggalkan Norris dengan keunggulan 13 detik.

Alhasil, juara dunia tiga kali itu sukses mempertahankan posisinya hingga balapan berakhir dan keluar sebagai pemenangnya. Dia mengasapi Norris, Perez, Leclerc dan Sainz.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2255 seconds (0.1#10.140)