Maarten Paes Resmi Jadi WNI, Timnas Indonesia Dapat Tambahan Kiper Top

Selasa, 30 April 2024 - 13:46 WIB
loading...
Maarten Paes Resmi Jadi WNI, Timnas Indonesia Dapat Tambahan Kiper Top
Maarten Paes Resmi Jadi WNI, Timnas Indonesia Dapat Tambahan Kiper Top
A A A
JAKARTA - Tim nasional (Timnas) Indonesia mendapatkan tambahan kekuatan menjelang dua laga terakhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Sebab, Maarten Paes resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) usai menjalani sumpah.

Dalam laman resmi Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DKI Jakarta, Maarten Paes telah resmi menjadi WNI. Kiper miliki FC Dallas itu mengambil sumpah dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah R. Andika Dwi Prasetya.

Sementara Maarten Paes terlihat mengenakan jas dan peci berwarna hitam serta dasi merah saat melakukan sumpah WNI. R. Andika Dwi Prasetya pun berharap Maarten Paes bisa memberikan yang terbaik untuk Timnas Indonesia.

"Saya berharap saudara memberikan yang terbaik kepada Bangsa dan Negara," kata R. Andika Dwi Prasetya.



Sementara pengambilan sumpah Maarten Paes membuat semua pihak terkejut. Sebab, PSSI tak memberikan pernyataan resmi mengenai jadwal pengambilan sumpah kiper keturunan Indonesia-Belanda tersebut.

Kendati demikian, kehadiran Maarten Paes menambah kekuatan Timnas Indonesia. Selain itu, Shin Tae-yong memiliki pilihan di posisi penjaga gawang karena kerap mengandalkan Ernando Ari.

Sebelumnya, Maarten Paes menjalani proses naturalisasi bersama Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. Namun, Maarten Paes harus bersabar untuk membela Timnas Indonesia karena tampil semalam 90 menit bersama Belanda U-21 di Kualifikasi Piala Euro U-21 2021 pada 15 November 2020.

PSSI pun mengajukan banding mengenai status Maarten Paes yang sempat membela Belanda U-21 ke Pengadilan Arbitrase Olahraga atau CAS. PSSI pun telah menyelesaikan permasalahan Maarten Paes, sehingga bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Kini, Maarten Paes berpeluang tampil bersama Timnas Indonesia di dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Sebab, Skuad Garuda akan menghadapi Irak (6/6) dan Filipina (11/6/2024) dan dua laga tersebut akan berlangsung di Indonesia.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)