Celaka! Oleksandr Usyk Diskors usai Jadi Juara Tak Terbantahkan

Selasa, 21 Mei 2024 - 15:46 WIB
loading...
Celaka! Oleksandr Usyk Diskors usai Jadi Juara Tak Terbantahkan
Celaka! Oleksandr Usyk Diskors usai Jadi Juara Tak Terbantahkan. Foto: Reuters/Andrew Couldridge
A A A
RIYADH - Kabar mengejutkan datang dari bintang tinju kelas berat, Oleksandr Usyk . Usai meraih gelar juara tak terbantahkan pada akhir pekan lalu, kini dia diskors dari dunia tinju.

Usyk sukses mengalahkan Tyson Fury pada akhir pekan lalu di Riyadh lewat split decision 115-112, 113-114 dan 114-113. Fury melancarkan lebih banyak pukulan ke arahnya, tetapi Usyk mampu melontarkannya dengan lebih akurat.

Hasil tersebut membuat bintang asal Ukraina itu menyandang gelar juara dunia kelas berat tak terbantahkan dengan sabuk WBA Super, WBC, WBO, IBO dan IBF yang dipegangnya. Dia menjadi petinju pertama yang mencapai prestasi tersebut dalam 25 tahun terakhir.


Namun sayang, menurut laporan Ukraina Pravda yang dilansir pada Selasa (21/5/2024), Usyk mendapatkan skors dari dunia tinju. Sebab, Dewan Pengawas Tinju Inggris telah menangguhkan lisensi tinjunya hingga 2 Juli 2024 mendatang.

Alasan mengenai keputusan penangguhan tersebut tak disebutkan secara spesifik. Namun, kemungkinan besar itu dilakukan akibat tindakan pencegahan karena cedera yang dialami Usyk saat melawan Fury.

Sebelumnya, promotornya, Oleksandr Krasiuk, menyebut King Usyk -julukan Usyk- mengalami cedera ringan usai bertarung dengan petinju asal Inggris itu. Kabarnya dia membutuhkan waktu seminggu untuk pulih.

Kendati demikian, skorsing tersebut tak akan berdampak pada karier Usyk karena dia ingin istirahat sejenak dari dunia tinju setelah melakukan pemusatan latihan selama sembilan bulan. Seperti diketahui, pertarungannya dengan Fury sempat diundur dari Desember ke Februari hingga akhirnya digelar pada Mei ini.

“Saya tidak ingin memikirkan tentang tinju sekarang. Pemusatan latihan saya dimulai pada September 2023 dan saya bekerja selama sembilan bulan,” ujar Usyk dalam konferensi pers pasca pertarungan akhir pekan lalu, dilansir dari Mirror, Selasa (21/5/2024).

“Saya merindukan Selamat Tahun Baru, Saya merindukan ulang tahun putra saya, saya merindukan ulang tahun putra saya yang lain, saya merindukan ulang tahun putri saya dan kemudian kelahiran putri saya. Saya juga merindukan liburan keluarga. Saya hanya fokus pada pertarungan ini. Sekarang saya senang dan saya ingin kembali ke rumah,” pungkasnya.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0931 seconds (0.1#10.140)
pixels