Usulan Arsene Wenger Ubah Aturan Offside Dapat Dukungan FA

Kamis, 23 Mei 2024 - 21:04 WIB
loading...
Usulan Arsene Wenger Ubah Aturan Offside Dapat Dukungan FA
Sejak diperkenalkannya video assistant referee (VAR), peraturan offside telah menjadi salah satu topik pembicaraan terbesar di dunia sepak bola / Foto: SPORTbiible
A A A
Sejak diperkenalkannya video assistant referee (VAR), peraturan offside telah menjadi salah satu topik pembicaraan terbesar di dunia sepak bola. Para penggemar memperdebatkan bagaimana aturan tersebut diterapkan setiap minggunya.

Dengan banyaknya kontroversi, ada pembicaraan untuk membuat perubahan besar dalam penentuan offside. Arsene Wenger adalah sosok yang mengusulkan perubahan aturan offside.

Wenger saat ini bertugas mengawasi hukum permainan FIFA dan telah mengerjakan proposal baru selama empat tahun terakhir. Mantan pelatih Arsenal itu mengatakan pada 2020 bahwa ada ruang untuk mengubah aturan dan tidak mengatakan bahwa bagian hidung pemain berada dalam posisi offside.



"Jadi Anda berada dalam posisi offside karena Anda bisa mencetak gol dengan itu. Sebaliknya, Anda tidak akan offside jika ada bagian tubuh yang bisa mencetak gol berada sejajar dengan bek terakhir, meskipun bagian tubuh penyerang lainnya berada di depan. Itu akan menyelesaikan masalah dan Anda tidak akan lagi memiliki keputusan tentang milimeter dan seberapa kecil penyerang berada di depan garis pertahanan," jelas Wenger, saat itu.

Banyak pihak yang menentang perubahan tersebut dan mereka percaya bahwa peralihan itu akan menciptakan perubahan taktis yang terlalu besar, sehingga penyerang mendapatkan keuntungan yang signifikan. Namun, Wenger dilaporkan meyakini perubahan itu akan terlaksana usai melakukan uji coba aturan tersebut di Swedia, Italia, dan Belanda.

Sementara itu, David Dein selaku mantan wakil ketua Arsenal dan FA mendukung usulan Wenger di Kongres FIFA di Bangkok, pekan lalu. "Aturan offside harus diubah karena terlalu kontroversial dan bermasalah. Ide Arsene sangat inovatif," katanya kepada The Times dikutip dari SPORTbible, Kamis (23/5/2024).



Meskipun rencana Wenger mendapat dukungan dari beberapa pihak, namun Luis Figo, yang kini menjabat sebagai Kepala Dewan Sepak Bola UEFA mengaku ragu dengan perubahan drastic tersebut.

Dalam laporan The Times menyatakan bahwa kemungkinan besar aturan tersebut akan diujicobakan di kompetisi yang menggunakan VAR. Ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran terbaik tentang bagaimana performanya di level tertinggi.
(yov)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0920 seconds (0.1#10.140)
pixels