Nova Arianto Puas dengan Performa Timnas Indonesia U-16 usai Gilas PSS Sleman

Minggu, 26 Mei 2024 - 19:01 WIB
loading...
Nova Arianto Puas dengan Performa Timnas Indonesia U-16 usai Gilas PSS Sleman
Nova Arianto Puas dengan Performa Timnas Indonesia U-16 usai Gilas PSS Sleman. Foto: IST
A A A
YOGYAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 berhasil meraih kemenangan atas PSS Sleman U-16 dalam laga uji coba. Pelatih Timnas Indonesia U-16 , Nova Arianto, mengaku puas dengan performa anak asuhnya.

Skuad Garuda Muda menang telak 5-1 atas PSS Sleman U-16 pada laga yang berlangsung di Lapangan YIS, Yogyakarta, Sabtu (25/5/2024). Pertandingan uji coba tersebut dilaksanakan dalam tiga babak, masing-masing berdurasi 30 menit.

Nova menjelaskan bahwa fokusnya dalam uji coba kedua ini adalah meracik formasi terbaik untuk Timnas Indonesia U-16. Asisten pelatih Shin Tae-yong ini juga merasa puas karena anak asuhnya menunjukkan progres yang cukup baik. Skuad Garuda Muda telah bermain sesuai dengan harapannya.

“Hari ini adalah friendly match kedua. Kami sudah mulai memasuki tahap taktikal dan mencari formasi terbaik. Semua pemain mendapatkan kesempatan yang sama untuk bermain, dan kami melihat siapa yang bisa masuk ke tim ini,” ujar Nova seperti dilansir dari situs PSSI, Minggu (26/5/2024).



“Secara garis besar, pemain sudah memahami apa yang saya dan tim pelatih inginkan. Namun, ada beberapa poin yang harus diperbaiki dan itu menjadi catatan kami untuk dijadikan perbaikan, agar tim ini semakin siap,” tambahnya.

Nova menekankan bahwa hasil pertandingan bukanlah fokus utamanya. Yang terpenting dari laga uji coba ini adalah menemukan pemain serta strategi yang tepat sesuai dengan filosofi permainan.

“Saya tidak melihat hasil, yang ingin saya lihat adalah etos kerja pemain. Apa yang saya mau, saat bertahan, saat menyerang, dan transisi. Itu yang mau saya lihat dari pemain. Karena saya memilih pemain bukan berdasarkan di mana mereka bermain, tapi yang benar-benar bisa bermain sesuai dengan filosofi saya,” ungkap Nova.

Laga uji coba ini merupakan persiapan Timnas Indonesia U-16 untuk berlaga di Piala AFF U-16 yang akan berlangsung di Solo pada 21 Juni hingga 4 Juli mendatang. Nova menjelaskan bahwa Skuad Garuda Muda masih akan menjalani laga uji coba sebelum bergeser ke Solo.

“Jumat depan kami ada uji coba di sore hari. Setelah itu kami akan bergeser ke Solo,” tandas Nova.

Untuk diketahui, Timnas Indonesia U-16 telah menggelar pemusatan latihan (TC) sejak Februari lalu di Jakarta sebelum berpindah ke Yogyakarta. Nova mempersiapkan skuadnya dengan matang dan akan memilih pemain terbaik.

Skuad Garuda Muda dipersiapkan tidak hanya untuk berlaga di Piala AFF U-16, tetapi juga untuk Kualifikasi Piala Asia U-17 dengan harapan bisa lolos ke Piala Dunia U-17 2025 mendatang.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1794 seconds (0.1#10.140)
pixels