Ronald Koeman: Persilakan Pemain Hengkang dan Bahas Nasib Lionel Messi

Kamis, 20 Agustus 2020 - 08:31 WIB
loading...
Ronald Koeman: Persilakan Pemain Hengkang dan Bahas Nasib Lionel Messi
Ronald Koeman resmi diperkenalkan Barcelona sebagai pelatih baru selama satu musim ke depan, Rabu (19/8/2020) malam WIB / Foto: Kolase
A A A
BARCELONA - Ronald Koeman resmi diperkenalkan Barcelona sebagai pelatih baru selama satu musim ke depan, Rabu (19/8/2020) malam WIB. Satu topik yang menarik perhatian adalah ketika pelatih asal Belanda itu berbicara mengenai masa depan Lionel Messi .

Dalam kesempatan berbicara di situs resmi klub, Koeman mengatakan akan bertemu Messi menyusul laporan sejumlah media Eropa yang menyebut jika kapten Barcelona itu bakal hengkang dari Camp Nou. (Baca juga: Jadi Pelatih Baru Barcelona, Ronald Koeman : Ini Pekerjaan Spesial )

Sudah bisa ditebak ketika Koeman datang, maka dia harus membenahi masalah kepercayaan diri para pemain yang sempat hilang selama ditangani Quique Setien. Terutama mengenai Messi yang dikabarkan sudah kehilangan gairah bermain bersama Blaugrana.

"Messi adalah pemain terbaik di dunia dan Anda menginginkan pemain terbaik di dunia berada di tim Anda. Saya tidak tahu apakah saya harus meyakinkan dia (untuk bertahan). Saya akan senang bekerja dengannya karena dia memenangkan pertandingan. Jika dia tampil seperti biasa, saya sangat senang dia bertahan," ungkap Koeman pada kesempatan pertamanya berbicara sebagai pelatih Barcelona.

"Lionel Messi masih memiliki kontrak. Anda harus berbicara dengannya, tentu saja, dia adalah kapten tim. Kami harus berbicara dengan beberapa pemain. Kami harus membuat keputusan. Dalam kasus Messi, saya berharap dia akan berada di sini lebih dari setahun. Jika saya memberitahumu apa yang akan saya katakan kepada Leo, saya tidak perlu bertemu dengannya. Itu urusan pribadi. Saya ingin dia memberitahuku apa yang dia pikirkan. Tapi ayolah, dia punya sisa satu tahun kontrak."

Pada hari sebelumnya, Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu mengatakan Messi termasuk di antara sekelompok pemain terpilih yang tidak dijual, termasuk Marc-Andre ter Stegen, Frenkie de Jong, Clement Lenglet, Ousmane Dembele, Antoine Griezmann dan Ansu Fati. (Baca juga: Presiden Barcelona: Messi Akan Pimpin Blaugrana di Era Koeman )

Sementara Luis Suarez, Jordi Alba, Gerard Pique, dan Sergio Busquets termasuk di antara beberapa pemain yang absen dari daftar tersebut. Tetapi Koeman menegaskan anggota skuatnya yang lebih berpengalaman akan memiliki kesempatan untuk membuktikan diri.

Ditanya apakah inti dari tim utama Barcelona perlu diganti, Koeman menjawab: "Saya kira tidak. Pada prinsipnya, seorang pemain berusia 32 tahun belum selesai. Semuanya tentang betapa lapar dia, betapa lapar dia untuk memberikan segalanya. Ada orang berusia 20 tahun yang kekurangan kelaparan dan etos kerja. Saya hanya ingin bekerja dengan orang yang ingin berada di sini. Siapa pun yang tidak menyukainya, pergilah ke klub dan beri tahu mereka. Saya hanya ingin bekerja dengan orang-orang yang ingin melakukan yang terbaik untuk Barcelona."

Ketika ditanya secara khusus tentang Suarez, Koeman tidak ingin banyak berspekulasi terlalu jauh. Dikatakannya, pada saat ini dirinya ingin mendekatkan diri dengan para pemain.

"Messi berbeda karena dia adalah kapten tim, tetapi saya tidak akan berbicara tentang para pemain. Pertama, saya ingin berbicara dengan mereka. Saya tidak akan melakukan itu karena menghormati para pemain," pungkas Koeman.
(bbk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1083 seconds (0.1#10.140)