Stephan El Shaarawy: Timnas Italia Jadi Protagonis di Piala Eropa 2024

Senin, 10 Juni 2024 - 06:06 WIB
loading...
Stephan El Shaarawy: Timnas Italia Jadi Protagonis di Piala Eropa 2024
Stephan El Shaarawy optimistis Italia bisa menjadi protagonis di Piala Eropa 2024 / Foto: Football Italia
A A A
Stephan El Shaarawy optimistis Italia bisa menjadi protagonis di Piala Eropa 2024. Ini disebabkan lantaran ia yakin dengan kemampuan pelatih, Luciano Spalletti, serta kualitas yang dimiliki para pemain yang dibawa ke turnamen empat tahunan tersebut tahun ini.

Italia datang ke Piala Eropa 2024 dengan status juara bertahan. Mereka menyabet titel kompetisi sepakbola terakbar antar negara-negara Benua Biru itu pada edisi 2020, yang berlangsung di Stadion Wembley, Inggris, pada 2021, dengan mengalahkan sang tuan rumah lewat drama adu penalti.

Namun setelah tiga tahun berlalu kondisi di dalam tim Gli Azzurri -julukan Timnas Italia- telah banyak berubah. Spalletti menggantikan Roberto Mancini sejak September 2023 lalu dan skuad yang dibawanya ke Piala Eropa 2024 mayoritas dihuni para pemain muda.



El Shaarawy sendiri tak dipanggil oleh Mancini kala Italia juara Piala Eropa 2020 lalu. Namun, kali ini penyerang berusia 31 tahun itu mendapatkan kepercayaan dari Spalletti.

Bintang AS Roma itu pun tetap optimis dengan skuad muda yang dibawa mantan pelatih Napoli itu. Sebab menurutnya, mereka adalah pemain berkualitas yang punya sudah punya banyak jam terbang di level internasional.

"Banyak pemain yang berubah dari Euro sebelumnya, tetapi ada pemain muda yang sudah memiliki banyak pengalaman di level internasional dan banyak kualitas," kata El Shaarawy dilansir dari Football Italia, Minggu (9/6/2024).



Selain itu, El Shaarawy juga yakin dengan kemampuan Spalletti. Kata dia, pelatih berpaspor Italia itu punya ide yang jelas untuk timnya sehingga dia optimistis Gli Azzurri bakal menjadi protagonis di Piala Eropa 2024 yang berlangsung di Jerman pada 15 Juni hingga 15 Juli mendatang itu.

"Kami memiliki pelatih hebat dan tim solid yang berlatih dengan baik. Ide kami adalah pergi ke Jerman dan menjadi protagonis. Spalletti sangat menuntut, tapi dia punya ide yang sangat jelas tentang apa yang dia inginkan dan kami mengikutinya," ujar pemain berdarah Italia-Mesir itu.

"Kami sangat ingin mencapai prestasi kami, namun kami harus mampu melakukan tugas tersebut, karena levelnya sangat tinggi dalam kompetisi ini," pungkasnya.

Italia sendiri tergabung di Grup B Piala Eropa 2024 bersama Spanyol, Kroasia dan Albania. Gianluca Scamacca dkk akan memulai perjalanan mereka dengan melawan Albania pada 16 Juni mendatang.

Dalam persiapannya Italia telah melakoni satu laga persahabatan kontra Turkiye pada 5 Juni lalu yang berakhir imbang tanpa gol. Selanjutnya, mereka akan menjalani pertandingan uji coba terakhir melawan Bosnia and Herzegovina pada Senin (10/6/2024) pukul 01.45 WIB di Stadio Carlo Castellani, Empoli, Italia.
(yov)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1073 seconds (0.1#10.140)
pixels