Lagu Major Tom Bakal Berkumandang di Euro 2024, Tembang yang Bisa Membakar Semangat Timnas Jerman

Rabu, 12 Juni 2024 - 18:08 WIB
loading...
Lagu Major Tom Bakal Berkumandang di Euro 2024, Tembang yang Bisa Membakar Semangat Timnas Jerman
Lagu Major Tom akan jadi lagu Euro 2024. Tembang ini mampu membakar sengat Der Panzer. Foto/ getty
A A A
JAKARTA -Lagu “Major Tom” yang dipopulerkan oleh bintang pop Jerman Peter Schilling pada 1980-an akan menjadi lagu yang akan berkumandang di Euro 2024 .

Jika, Anda belum pernah mendengarnya, Anda akan segera mendengarnya. Ini karena Jerman sebagai tuan rumah Euro 2024 , menjadikan Mayor Tom sebagai lagu turnamen bergengsi di Eropa tersebut, meski tidak secara resmi dipilih UEFA.



Bagi penggemar di Jerman, lagu ini begitu populer dan memberi factor X. Tak percaya? Ada beberapa fakta menarik terkait lagu Mayor Tom ini.

Dikutip independent, lagu tersebut dirilis pada 1983, ketika single debut Schilling mencapai No 1 di Jerman – serta Austria, Swiss dan bahkan Kanada dan Bolivia berkat produksi versi bahasa Inggris.

Lagu ini mewujudkan Neue Deutsche Welle (adegan New Wave Jerman), ketika penulis lagu mulai meninggalkan pengaruh signifikan Inggris dan AS terhadap musik dalam negeri. Pada saat itu, tidak banyak artis yang melakukan sesuatu yang unik di Jerman, namun mutakhir.

Major Tom kemudian dipilih sebagai lagu tema acara televisi Deutschland 83 pada 2015 dan musim sekuel Deutschland 86 (2018) dan Deutschland 89 (2020).

Faktanya, pemirsa Inggris pun menikmati episode Breaking Bad 2011, di mana tokoh protagonis Walter White (Bryan Cranston) dan Jesse Pinkman (Aaron Paul) melihatnya dinyanyikan oleh ahli kimia Gale Boetticher.

Namun, kebangkitan lagu ini berkat penyertaannya dalam video peluncuran seragam Adidas untuk jersey Euro 2024 Jerman. Di akhir video, yang dirilis pada Maret lalu, lagu tersebut menampilkan cuplikan Ilkay Gundogan yang mencetak gol penalti. (Tema videonya adalah “typisch Deutsch” / “tipikal Jerman” dan tendangan penalti dianggap memenuhi syarat).

Sejak saat itu, “Major Tom” menarik perhatian penonton baru – generasi baru – sekaligus terhubung kembali dengan penggemar dari usia yang lebih tua. Bagi mereka yang mengingat perilisan awal lagu tersebut, lagu ini membawa kembali kenangan akan Jerman saat itu.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1014 seconds (0.1#10.140)
pixels