Shin Tae-yong Ceritakan Magis Jersey Putih Timnas Indonesia

Rabu, 12 Juni 2024 - 07:21 WIB
loading...
Shin Tae-yong Ceritakan Magis Jersey Putih Timnas Indonesia
Shin Tae-yong (STY) mengakui penggunaan jersey putih ternyata merupakan bagian dari taktiknya untuk mengalahkan Filipina / Foto: Isra Triansyah
A A A
Shin Tae-yong (STY) mengakui penggunaan jersey putih ternyata merupakan bagian dari taktiknya untuk mengalahkan Filipina. Pelatih Timnas Indonesia mengatakan, penggunaan jersey tandang ini salah satu faktor penting dalam laga tersebut.

Timnas Indonesia diketahui baru saja mengunci tiket menuju putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kepastian itu didapat setelah Timnas Indonesia menumbangkan Filipina 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada Selasa (11/6/2024) malam WIB.

Dua gol untuk Skuad Garuda tercatat melalui tendangan spektakuler Thom Haye (32'), dan tandukkan terukur Rizky Ridho (56'). Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia menjadi tim kedua dari Grup F yang lolos putaran ketiga setelah Irak.



Ini merupakan kali pertama Timnas Indonesia menembus putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia. Pencapaian ini bertambah manis mengingat Skuad Garuda merupakan satu-satunya wakil Asia Tenggara (ASEAN) di putaran ketiga.

Ternyata, dibalik kesuksesan ini, ada faktor nonteknis yang membantu Timnas Indonesia. Faktor itu adalah pemilihan jersey tandang sebagai kostum kandang. Shin mengakui, penggunaan jersey tandang ini merupakan bagian dari taktiknya.

"Kenapa memilih jersey putih karena memang putih membuat postur tubuh kelihatan lebih besar. Lalu dengan cuaca panas ini lebih enak memakai warna putih daripada merah," kata Shin dalam konferensi pers pascalaga, Selasa (11/6/2024) kemarin.



Taktik ini tentu menunjukkan betapa seriusnya Shin Tae-yong mengawal kesuksesan Skuad Garuda. Selanjutnya, mereka akan kembali mendapatkan tantangan berat karena berlaga di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Sebanyak 18 tim akan dibagi ke dalam tiga grup di fase ini. Masing-masing grup akan diisi oleh enam tim, yang mana dua tim teratas otomatis lolos ke Piala Dunia 2026. Sedangkan, tim peringkat ketiga dan keempat akan kembali diadu di putaran keempat.

Shin mengatakan putaran ketiga akan menjadi ujian berat bagi Thom Haye dan kolega. Meski demikian, pelatih asal Korea Selatan itu meyakini Timnas Indonesia akan berjuang keras untuk bersaing di fase tersebut.

"Memang kita sudah lolos ronde ketiga, tidak ada lawan yang mudah bagi kami, apalagi ranking kami 134. Jadi pasti lebih baik tim lawan. Bisa dibilang, tim kita yang paling lemah dari tim-tim yang sudah lolos ke ronde ketiga," ujar Shin.

"Tapi saya tetap akan berusaha mencapai mimpi saya (bawa Timnas Indonesia lolos Piala Dunia), dan kami tidak akan mudah menyerah," pungkasnya.
(yov)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1075 seconds (0.1#10.140)
pixels