Roda Keberuntungan Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia

Rabu, 12 Juni 2024 - 15:05 WIB
loading...
Roda Keberuntungan Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia
Roda keberuntungan Shin Tae-yong sepertinya tak pernah berhenti berputar. Kecerdikan dan keberaniannya dalam melakukan eksperimen kembali membuahkan hasil / Foto: Isra Triansyah
A A A
Roda keberuntungan Shin Tae-yong sepertinya tak pernah berhenti berputar. Kecerdikan dan keberaniannya dalam melakukan eksperimen kembali membuahkan hasil.

Shin Tae-yong diketahui berhasil membawa Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Prestasi bersejarah ini terukir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) saat Asnawi Mangkualam dkk menang 2-0 atas Filipina pada laga pemungkas penyisihan Grup F.

Tambahan tiga poin sudah cukup untuk mengunci posisi kedua Grup F dengan nilai 10 poin. Timnas Indonesia melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia menemani Irak.



Ini pertama kalinya dalam sejarah Timnas Indonesia berhasil melenggang ke putaran ketiga. Pencapaian ini bertambah manis lantaran Skuad Garuda merupakan satu-satunya tim Asia Tenggara yang lolos ke putaran tiga.

Shin Tae-yong sepertinya tak pernah berhenti untuk menulis ulang sejarah selama menangani tim nasional Indonesia. Kecerdikannya itu membuat media Korea Selatan takjub.

"Keajaiban Shin Tae-yong kembali bekerja di Indonesia," tulis Hangang Times, dikutip pada Rabu (12/6/2024).



Timnas Indonesia selanjutnya akan kembali mendapatkan tantangan berat karena berlaga di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Sebanyak 18 tim akan dibagi ke dalam tiga grup di fase ini.

Masing-masing grup akan diisi oleh enam tim, yang mana dua tim teratas otomatis lolos ke Piala Dunia 2026. Sedangkan, tim peringkat ketiga dan keempat akan kembali diadu di putaran keempat, kemudian peringkat lima dan enam otomatis tersingkir.

Shin mengatakan putaran ketiga akan menjadi ujian berat bagi Thom Haye dan kolega. Meski demikian, pelatih asal Korea Selatan itu meyakini Timnas Indonesia akan berjuang keras untuk bersaing di fase tersebut.

"Memang kita sudah lolos ronde ketiga, tidak ada lawan yang mudah bagi kami, apalagi ranking kami 134. Jadi pasti lebih baik tim lawan. Bisa dibilang, tim kita yang paling lemah dari tim-tim yang sudah lolos ke ronde ketiga," ujar Shin dalam konferensi pers pascalaga melawan Filipina, Selasa (11/6/2024).

"Tapi saya tetap akan berusaha mencapai mimpi saya (bawa Timnas Indonesia lolos Piala Dunia), dan kami tidak akan mudah menyerah," pungkasnya.
(yov)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1498 seconds (0.1#10.140)
pixels