Calvin Verdonk Curhat Beda Main di Indonesia dan Belanda

Rabu, 12 Juni 2024 - 21:07 WIB
loading...
Calvin Verdonk Curhat...
Calvin Verdonk bermain di laga melawan Timnas Filipina di SUGBK. Foto/Isra Triansyah
A A A
JAKARTA - Penampilan perdana skuad Timnas Indonesia Calvin Verdonk di laga melawan Filipina, Selasa (11/6/2024) malam mencuri perhatian. Pemain asal Belanda itu punya kesan tersendiri tentang Indonesia dan negara asalnya.

“Masalah terbesar di laga malam ini memang cuaca, di Belanda saya tidak mendapatkan kondisi seperti ini. Saya berkeringat sangat banyak dan di babak kedua saya sempat kram, tapi sekarang sudah baik-baik saja,” tutur Verdonk usai matchday terakhir Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Meski harus menyesuaikan dengan iklim tropis Indonesia, pemain berdarah Meulaboh, Aceh ini senang dengan atmosfer suporter Indonesia. Tak ayal, ia membuktikan kemampuannya sebagai bek kiri dengan kans tendangan tiga kali saat momen semalam.



Pemain NEC Nijmegen itu memanh dipercaya Shin Tae-yong tampil sebagai starter. Namun, dia tidak bermain penuh karena harus ditarik keluar pada menit ke-67 digantikan oleh Pratama Arhan.“Menurut saya ini adalah permainan paling menyenangkan yang saya mainkan dengan suasana seperti ini. Jadi sangat senang berada di sini,” kata Verdonk.

Timnas Indonesia menang 2-0 atas Filipina lewat gol Thom Haye (32’) dan Rizky Ridho (56’). Kemenangan ini sekaligus membuat Skuad Garuda melangkah ke babak ketiga untuk pertama kalinya dalam sejarah.



Kemenangan di laga pamungkas itu tak hanya membuat Timnas Indonesia melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia saja. Melainkan, Skuad Garuda juga otomatis mengantongi tiket Piala Asia 2027 yang berlangsung di Arab Saudi.

Sebanyak 18 tim dari negara Asia lainnya termasuk Timnas Indonesia akan bersaing di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pada format di babak tersebut, nantinya 18 negara dibagi dalam tiga grup yang masing-masing berisikan enam negara. Sementara, drawing atau undian babak ketiga baru akan dilangsungkan pada 27 Juni mendatang.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2011 seconds (0.1#10.140)