Kota Solo Tuan Rumah Pekan Paralimpiade Nasional 2024

Jum'at, 14 Juni 2024 - 16:24 WIB
loading...
Kota Solo Tuan Rumah Pekan Paralimpiade Nasional 2024
Susana pertandingan basket kursi roda di ASEAN Para Games 2022 di Solo. Foto: SINDOnews/Yova Adhiansyah
A A A
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo , secara resmi mengumumkan bahwa Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024 akan diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah. Keputusan ini dibuat berdasarkan permohonan dari Komite Paralimpik Nasional (NPC) Indonesia.

“Dalam rapat tadi, kami memutuskan untuk menyetujui pelaksanaan Peparnas 2024 sesuai dengan permohonan dan permintaan dari NPC. Kami setuju bahwa tuan rumah Peparnas 2024 adalah Surakarta, Jawa Tengah,” kata Dito, dikutip dari rilis resmi NPC Indonesia, Jumat (14/6/2024).

“Kami akan segera melakukan persiapan, karena Insya Allah Peparnas akan dilaksanakan dari 6 Oktober sampai 13 Oktober 2024,” lanjutnya.



Dalam rilis tersebut juga dijelaskan bahwa NPC Indonesia memohon agar Kota Solo dijadikan tuan rumah karena memiliki fasilitas yang memadai untuk para atlet disabilitas. Selain itu, Kota Solo sudah pernah menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022.

Lebih lanjut, Dito mengatakan bahwa pemerintah sudah menyiapkan anggaran untuk Peparnas 2024 dan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Pemerintah, kata Dito, juga sedang mempercepat pembangunan di Aceh dan Sumatera Utara sebagai tuan rumah PON 2024.

“Yang menjadi perhatian dari Bapak Presiden adalah bagaimana penyelenggaraan PON dan Peparnas bisa sukses secara administrasi, penyelenggaraan, dan prestasi,” jelas Dito.

“Jadi, fokus kami adalah memastikan pembangunan venue di Aceh-Sumut untuk renovasi pemugaran semuanya bisa selesai tepat waktu. Kami akan membentuk satgas pemantauan dan percepatan PON dan Peparnas,” tambah menteri berusia 33 tahun itu.

Dengan adanya pengumuman ini, NPC Indonesia kini tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) resmi dari Menpora terkait penetapan Solo dan kabupaten sekitarnya sebagai venue Peparnas 2024.

“Menpora menyatakan bahwa anggaran akan dipenuhi sepenuhnya dari APBN sehingga tidak membebani pemerintah Kota Solo maupun Jawa Tengah,” tutur Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) NPC Indonesia, Rima Ferdianto.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1966 seconds (0.1#10.140)
pixels