Profil 5 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Euro

Minggu, 16 Juni 2024 - 07:08 WIB
loading...
Profil 5 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Euro
Pemain Albania, Nedim Bajrami, mengejutkan Timnas Italia dengan gol kilat saat pertandingan baru berusia 23 detik setelah kick-off. Foto: REUTERS/Bernadett Szabo
A A A
5 pencetak gol tercepat dalam sejarah Euro akan dibahas di artikel ini. Salah satunya terjadi ketika Timnas Italia mengalahkan Albania di babak penyisihan grup Euro 2024 dini hari tadi.

Sebagai juara bertahan, Italia bikin geger setelah gawang mereka kebobolan di detik ke-23 melawan Albania di Signal Iduna Park, Minggu (16/6/2024) dini hari WIB. Ialah Nedim Bajrami pemain Albania yang mencetak rekor dengan gol kilat saat pertandingan baru berjalan 23 detik.

Timnas Italia sukses membalik kedudukan untuk memenangkan pertandingan itu 2-1. Namun, Tahukah Anda siapa lima pencetak gol tercepat dalam sejarah Piala Eropa? Berikut ulasannya.

5 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Euro

5. Robert Lewandowski (Euro 2016)

Profil 5 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Euro

Pada 30 Juni 2016, dalam pertandingan perempat final EURO 2016 antara Polandia vs Portugal, Robert Lewandowski mencetak gol kilat yang mengesankan. Penyerang tengah Polandia ini berhasil mencetak gol hanya dalam waktu 100 detik setelah pertandingan dimulai.

Pertandingan akhirnya berakhir dengan skor 1-1 setelah perpanjangan waktu, Portugal berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 5-3 melalui adu penalti.

4. Yussuf Poulsen (Euro 2020)

Profil 5 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Euro

Pada 17 Juni 2021, dalam pertandingan penyisihan grup EURO 2020 antara Denmark dan Belgia, Yussuf Poulsen mencetak gol penting di Parken Stadium, Kopenhagen. Pertandingan ini adalah laga kedua Denmark di turnamen tersebut, setelah kalah dari Finlandia dalam laga pembuka Grup B lima hari sebelumnya.

Poulsen berhasil memanfaatkan peluang dengan baik dan menembakkan bola melewati Thibaut Courtois ke sudut bawah gawang, memicu perayaan yang meriah di stadion yang sama. Gol tersebut lahir saat laga baru berjalan 1 menit 39 detik.

3. Emil Forsberg (Euro 2020)

Profil 5 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Euro

Dalam pertandingan penyisihan grup EURO 2020 antara Swedia dan Polandia, Emil Forsberg mencetak gol penting dalam kemenangan 3-2 Swedia pada saat laga baru berumur 1 menit 22 detik. Pertandingan ini adalah laga terakhir Swedia di Grup E yang keras, yang juga diisi oleh juara tiga kali, Spanyol. Kemenangan di laga ini akan memastikan Swedia menempati posisi teratas grup.

2. Dmitri Kirichenko (Euro 2004)

Profil 5 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Euro

Sebelumnya, Kirichenko hanya duduk di bangku cadangan saat harapan Rusia di EURO 2004 sirna dengan dua kekalahan beruntun. Namun, dalam pertandingan terakhir Grup A, pelatih Georgi Yartsev memberi Kirichenko kesempatan untuk tampil sejak awal melawan Yunani.

Kirichenko memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik. Hanya 67 detik setelah pertandingan dimulai, pemain CSKA Moskow ini berlari cepat dan mengarahkan tendangan kaki kanan melewati kiper Antonios Nikopolidis. Gol cepat ini membantu Rusia mengakhiri kampanye mereka di turnamen dengan catatan positif.

1. Nedim Bajrami (Euro 2024)

Profil 5 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Euro

Pemain Albania, Nedim Bajrami, mengejutkan Timnas Italia dengan gol kilat saat pertandingan baru berusia 23 detik setelah kick-off. Nedim Bajrami memanfaatkan kesalahan Federico Dimarco yang salah melempar bola. Bajrami langsung melepaskan tembakan yang melewati Gianluigi Donnarumma, memicu selebrasi meriah dari tim Albania. Ini merupakan gol tercepat dalam sejarah Piala Eropa.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2420 seconds (0.1#10.140)
pixels