Lamine Yamal, Pemain Termuda Euro yang Cetak Debut Manis Bersama Timnas Spanyol

Minggu, 16 Juni 2024 - 07:31 WIB
loading...
Lamine Yamal, Pemain Termuda Euro yang Cetak Debut Manis Bersama Timnas Spanyol
Lamine Yamal, Pemain Termuda Euro yang Cetak Debut Manis Bersama Timnas Spanyol. Foto: REUTERS/Annegret Hilse
A A A
BERLIN - Bintang muda Barcelona, Lamine Yamal, mengaku senang bisa menjalani debut manis bersama Tim Nasional (Timnas) Spanyol di ajang Piala Eropa 2024 dengan mengalahkan Kroasia 3-0 dalam laga pembuka Grup B. Dia pun mengukir sebuah sejarah hebat dalam pertandingan perdananya di turnamen sepakbola terakbar antar negara-negara Benua Biru itu.

Mentas di Olympiastadion Berlin, Jerman, Sabtu (15/6/2024) malam WIB, La Furia Roja -julukan Spanyol- tampil sangat gemilang di babak pertama dengan berhasil menorehkan tiga gol sekaligus. Yang pertama datang dari Alvaro Morata pada menit 29 yang memanfaatkan umpan Fabian Ruiz.



Tiga menit berselang, gantian Fabian Ruiz yang mencatatkan namanya di papan skor. Lalu, sebuah assist dari Lamine Yamal berbuah gol Dani Carvajal pada menit 45+2.

Tampil sebagai starter dan sukses mencetak assist, Yamal pun senang dengan debutnya bersama Spanyol di Piala Eropa 2024. Pemain berusia 16 tahun itu mengaku siap untuk membantu timnya dalam situasi apapun.

"Sangat senang atas kemenangan ini, untuk debut dan memikirkan pertandingan berikutnya. Pada akhirnya tim ingin bermain di dalam dan saya di sini untuk membantu tim, bertahan, apa pun yang diperlukan,” kata Yamal dilansir dari Marca, Minggu (16/6/2024).

“Kami adalah tim yang sangat efektif karena telah bekerja keras selama berbulan-bulan dan hasilnya telah terlihat hari ini. Carvajal telah mencetak gol, dia dalam kondisi yang luar biasa,” tambahnya.

Dengan debutnya tersebut, berdasarkan catatan Opta di Twitter-nya, @OptaJose, Sabtu (16/6/2024), Yamal mencatatkan rekor sebagai pemain termuda sepanjang sejarah yang pernah bermain di Piala Eropa. Dia menjalani pertandingan perdananya di ajang tersebut dalam usia 16 tahun 338 hari.

Alhasil, pemain berdarah Maroko-Guinea Khatulistiwa itu juga menjadi pemain termuda dalam sejarah Piala Eropa yang mampu membukukan assist. Uniknya, assistnya diberikan kepada Dani Carvajal yang merupakan pencetak gol tertua untuk Spanyol sepanjang sejarah Piala Eropa di usia 32 tahun dan 156 hari.

Dengan hasil positif atas Kroasia, tim asuhan Luis de La Fuente itu pun bercokol di puncak klasemen sementara Grup B Piala Eropa 2024 dengan raihan tiga poin. Mereka unggul selisih gol atas Italia yang menang 2-1 kontra Albania di laga pertama mereka. Selanjutnya, kedua tim raksasa Eropa itu bakal berjumpa.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)
pixels