Bantai Ukraina, Rumania Cetak 4 Sejarah di Piala Eropa 2024

Selasa, 18 Juni 2024 - 07:22 WIB
loading...
Bantai Ukraina, Rumania Cetak 4 Sejarah di Piala Eropa 2024
Denis Dragus merayakan gol saat mengantarkan Rumania menang 3-0 atas Ukraina pada laga pembuka Grup E Euro 2024 di Allianz Arena, Foto/@X EURO2024
A A A
JERMAN - Tim Nasional Rumania membantai Ukraina 3-0 dalam laga perdananya di Grup E Piala Eropa 2024 . Kemenangan itu pun membuat mereka mengukir empat catatan bersejarah di turnamen sepakbola terakbar antar negara Benua Biru itu.

Mentas di Allianz Arena, Munich, Jerman, Senin (17/6/2024) malam WIB, Tricolorii -julukan Timnas Ukraina- menunjukkan semangat luar biasa sejak awal pertandingan. Meski Ukraina menguasai bola hingga 72 persen, mereka mampu menebar ancaman yang lebih berbahaya dengan serangan-serangan balik cepat.

Hasilnya, gol indah datang dari tendangan jarak jauh Nicolae Stanciu pada menit 29. Kemudian, Razvan Marin (53’) dan Denis Dragus (57’) menorehkan dua gol lainnya di babak kedua yang membuat tim asuhan Edward Iordanescu itu menang telak 3-0 atas Ukraina.

Menurut catatan UEFA, Selasa (18/6/2024), setidaknya ada empat catatan bersejarah yang dihasilkan Rumania usai menghajar Tim Biru-Kuning -julukan Ukraina. Yang pertama adalah hasil positif tersebut merupakan kemenangan terbesar yang pernah diraih mereka di turnamen besar.



Selain itu, ini merupakan clean sheet pertama yang dibuat oleh Rumania dalam 16 tahun terakhir di Piala Eropa. Sebelumnya, satu-satunya nirbobol yang dicetak oleh mereka terjadi saat Adrian Mutu dkk menahan imbang Prancis tanpa gol dalam edisi 2008 lalu.

Kemudian, ini adalah hanya kemenangan kedua Rumania di Piala Eropa. Satu-satunya tiga poin yang mereka raih sebelumnya yakni ketika mereka mengalahkan Inggris 1-0 pada edisi 2000 silam.



Yang terakhir, Dennis Man juga turut membukukan sejarah berkat dua assist-nya dalam pertandingan melawan Ukraina. Dia menjadi pemain Rumania pertama yang memberikan lebih dari satu assist dalam satu pertandingan di turnamen besar sejak Gheorghe Hagi di Piala Dunia 1994 kontra Kolombia.

Razvan Marin pun mengaku merinding melihat puluhan ribu fans Rumania merayakan kemenangan negaranya. Menurutnya, kemenangan telak dan nirbobol yang diraih kontra Ukraina benar-benar luar biasa.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0967 seconds (0.1#10.140)
pixels