Deretan Gol yang Dianulir Wasit Euro 2024, Romelu Lukaku Paling Menyakitkan

Kamis, 20 Juni 2024 - 17:31 WIB
loading...
Deretan Gol yang Dianulir Wasit Euro 2024, Romelu Lukaku Paling Menyakitkan
Selebrasi usai mencetak gol jadi kegembiraan tersendiri. Tapi, bagaimana jika gol tersebut dianur? Foto/ getty
A A A
JAKARTA – Selebrasi setelah mencetak gol menjadi kegembiraan bagi tiap pemain. Para pencetak gol ini pun kerap memperlihatkan aksi yang menarik usai mencetak gol. Tapi, bagaimana jika gol tersebut dianur?

Ini menjadi kekecewaan. Bukan saja satu pemain, tetapi, tim, pelatih dan pendukung. Namun, itu permainan di lapangan. Di Euro ini ada banyak gol yang dianulir. Dikutip espn, berikut daftar gol yang dianulir di Euro 2024 .


Daftar Gol yang Dianulir Wasit Euro 2024

1. Diogo Jota
Portugal – Republik Ceko
Diogo Jota mencetak gol kemenangan Portugal pada menit ke-87, tetapi Cristiano Ronaldo berada dalam posisi offside.

Ulasan VAR: Saat Joao Cancelo memberikan umpan silang ke kotak penalti, namun separuh badan Ronaldo berada di depan bek terakhir, Tomás Holes. Sundulan Ronaldo membentur tiang dan Jota melepaskan tembakan lanjutan.

Butuh waktu 48 detik sejak gol tercipta hingga VAR menganulirnya melalui teknologi semi-otomatis offside -- begitu cepat hingga siaran televisi masih melalui tayangan ulang saat wasit meniup peluit.

Namun, jangan berharap melihat keputusan diambil begitu cepat di liga domestik. Meski teknologi ini sendiri dibuat oleh Kinexon, sensor yang dipasang di tengah di dalam bola dikembangkan dan dipatenkan oleh Adidas -- penyedia bola untuk FIFA dan UEFA.

2. Kenan Yildiz
18 Juni: Turki 3-1 Georgia
Kenan Yildiz telah offside saat mencetak gol. Ya, Turki mengira mereka bisa mencetak gol kedua pada menit ke-27 ketika Kenan Yildiz mencetak gol dari jarak dekat, namun ternyata ada tanda-tanda offside.

Keputusan VAR: Gol dianulir.
Ulasan VAR: Arda Güler menerobos sayap kanan dan memberikan umpan melintasi tepi kotak enam yard. Pada titik ini, Yildiz mungkin sudah siap. Namun, hal itu terbantu di tiang dekat oleh Orkun Kökçü, dan pada saat itu separuh kaki kanan Yildiz berada di depan bola.

3. Romelu Lukaku handball
17 Juni: Belgia 0-1 Slovakia
Gol Romelu Lukaku dianulir karena handball.
Romelu Lukaku gagal menyamakan kedudukan pada menit ke-86 ketika dia melepaskan tembakan setelah kerja bagus dari Lois Openda, yang memotong bola agar sang striker mencetak gol. Segera setelah bola membentur gawang bek Slovakia Denis Vavro meminta handball dan saat para pemain Belgia berlomba untuk merayakannya, VAR, Bastian Dankert dari Jerman memulai pemeriksaan.

Keputusan VAR: Gol dianulir.
Lois Openda menyapu bola dengan jarinya, di mana grafik snicko sebagai buktinya.

Ulasan VAR: Ini adalah jenis handball dalam proses terjadinya gol yang mungkin tidak Anda lihat di Liga Premier, tetapi kemungkinan besar akan mendapat penalti di kompetisi UEFA yang memiliki interpretasi yang jauh lebih ketat.

Karena Openda bukan pencetak gol, VAR dan wasit, Halil Umut Meler dari Turki, harus menilai itu sebagai tindakan yang disengaja.

Openda berusaha menahan Vavro dan jari-jarinya menyentuh bola saat tangannya turun. Beberapa orang akan merasa bahwa gerakan lengannya disengaja, namun banyak orang lain yang percaya bahwa itu adalah gerakan alami tubuhnya dan tidak boleh mengakibatkan tinjauan VAR.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2776 seconds (0.1#10.140)
pixels