Ryan Garcia Tiba-Tiba Umumkan Pensiun, Kenapa?

Kamis, 20 Juni 2024 - 16:39 WIB
loading...
Ryan Garcia Tiba-Tiba...
Ryan Garcia tiba-tiba mengumumkan pensiun dari dunia tinju. Kenapa? Foto/ Instagram
A A A
JAKARTA - Ryan Garcia membuat kabar yang mengejutkan. Mantan juara kelas ringan WBC berusia 25 tahun itu mengumumkan pensiun dari dunia tinju. Kenapa?

“Saya resmi pensiun,” tulis Ryan Garcia di X, dikutip the sun pada Kamis (20/6/2024).



“Saya hanya ingin menjatuhkan koin meme saya dan melarikan diri serta mencintai semua orang dari jauh,” tulis Ryan Garcia pada postingan sebelumnya.

Atlet Amerika itu jelas sangat marah saat menunggu keputusan Komisi Atletik Negara Bagian New York mengenai kemungkinan larangan bermain.

Hal ini terjadi setelah dua tes narkoba positif pada Mei lalu, di mana dari sampel yang diambil sehari sebelumnya dan pada hari kemenangan terbarunya melawan Devin Haney.

“Ibu mengidap kanker, aku digugat, suplemenku tercemar, sedang dalam proses perceraian, selalu mendapat perbincangan buruk di internet, bertahun-tahun Devin meminta agar kemenanganku dicabut, aku mendapatkan terpukul dengan segalanya, saya masih mencintai Tuhan, Dia adalah segalanya," tulis Garcia pada Rabu lalu.

"Tinju akan baik-baik saja tanpa saya, Tapi tetap saja menyebalkan. Saya bersenang-senang dalam permainan...Dan menyenangkan untuk memukul orang," ucapnya.

Kemenangan Ryan Garcia melawan Haney pada akhir April telah lama diselimuti kontroversi setelah dua suplemen yang dikonsumsi Garcia dilaporkan menunjukkan adanya zat terlarang Ostarine. Hal itu menurut Laboratorium Penelitian dan Pengujian Kedokteran Olahraga, dikutip ESPN.

Belakangan, sampel B Garcia juga ditemukan mengandung ostarine. Sepanjang cobaan tersebut, Garcia telah berulang kali dan dengan keras membantah menggunakan zat tersebut.

Pengacara Ryan Garcia pun buka suara terkait masalah yang dihadapi kliennya itu. Sang pengacara mengatakan jika Ryan Garcia adalah korban.
“Ini menegaskan apa yang secara konsisten kami pertahankan: Ryan adalah korban kontaminasi suplemen dan tidak pernah dengan sengaja menggunakan zat terlarang atau zat peningkat kinerja,” kata pengacaranya dalam sebuah pernyataan melalui USA Today.

"Setiap klaim yang bertentangan, mempertanyakan integritas Ryan sebagai pejuang yang bersih, jelas salah dan mencemarkan nama baik," tutur dia.

Sebelumnya, Haney juga menggunakan X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, di mana ia menggoda pertarungan masa depan melawan Garcia dan menyarankan keyakinan bahwa lawannya akan diskors.

"Saya akan meluangkan waktu.. menghabiskan sebagian uang saya.. berkeliling dunia & saya akan kembali dalam dua tahun setelah Ryan diskors & kita bisa bertarung lagi," tulisnya.

“Sepanjang kariernya, Ryan secara sukarela telah menjalani berbagai tes, yang semuanya memberikan hasil negatif, menggarisbawahi komitmennya terhadap persaingan yang adil dan bersih,” kata pengacaranya.

“Selain itu, beberapa tes negatif menjelang pertarungannya melawan Haney semakin menegaskan rekor bersihnya. Kadar Ostarine yang sangat rendah terdeteksi dalam sampelnya, dalam rentang sepersejuta gram, bersama dengan sampel rambutnya yang bersih, membuktikan adanya kontaminasi daripada konsumsi yang disengaja,” tutur pengacaranya lagi.



Jika keputusan Garcia untuk pensiun terbukti final, dia tampaknya sudah mengincar perubahan karier di masa depan.

"Kalian semua mungkin akan mengenal saya, tetapi sejauh menyangkut tinju saya tidak tahu," tulisnya di X.

"Ada begitu banyak korupsi, aku sudah mengatasinya...Aku mungkin akan berakting atau menyanyi...Aku akan tetap melakukannya Aku sedang berlatih tapi aku terluka dan selesai dengan itu dan semuanya,’ tulis dia.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1526 seconds (0.1#10.140)