Lopetegui si Penjaga Marwah Sevilla di Liga Europa

Sabtu, 22 Agustus 2020 - 06:43 WIB
loading...
Lopetegui si Penjaga Marwah Sevilla di Liga Europa
Stempel Sevilla sebagai kesebelasan tersukses di Eropa semakin tersohor. Ini tak lepas dari keberhasilannya merebut trofi juara Liga Europa musim 2019/2020 usai mengalahkan Inter Milan di Stadion RheinEnergie, Sabtu (22/8) dini hari WIB / Foto: Livescore
A A A
COLOGNE - Stempel Sevilla sebagai kesebelasan tersukses di Eropa semakin tersohor. Ini tak lepas dari keberhasilannya merebut trofi juara Liga Europa musim 2019/2020 usai mengalahkan Inter Milan dengan skor 3-2 di Stadion RheinEnergie, Cologne, Jerman, Sabtu (22/8) dini hari WIB.

Di pentas Liga Europa, Sevilla dikenal sebagai salah satu klub yang paling rajin mengoleksi trofi juara Liga Europa. Label sebagai penguasa kompetisi kedua Eropa pun semakin melekat pada klub berjuluk Los Nervionenses. (Baca juga: Rebut Gelar Liga Europa, Jesus Navas Sebut Sevilla Layak Juara )

Sevilla setidaknya mampu menjaga rekor sempurna kala tampil di final Liga Europa. Dari enam kesempatan bermain, mereka tidak pernah tersandung. Sehingga tak aneh jika Sevilla memimpin daftar pemilik trofi terbanyak di kompetisi ini.

Kemenangan atas Inter terasa spesial buat Julen Lopetegui. Betapa tidak, baru semusim menangani klub dia sudah berhasil meraih trofi prestisius ini. Satu fakta menariknya adalah dia berhasil menjaga marwah Liga Spanyol setelah Los Nervionenses menjadi satu-satunya klub yang mampu bertahan di kompetisi Eropa (Liga Champions dan Liga Europa) hingga naik ke podium juara.

Selain itu, Lopetegui juga bisa dikatakan sebagai pelatih yang mampu mengubur mimpi klub Italia. Dari tiga pertemuan melawan wakil Italia, Lopetegui sukses menjaga rekor tak terkalahkannya. (Baca juga: Anggap Final Liga Europa Sebagai Laga Terakhir Bersama Inter, Tanda Conte Siap Dipecat? )

Dalam dua kesempatan Lopetegui bertemu klub kebanggaan Ibu Kota Italia, AS Roma, dan selalu memetik kemenangan. Hasil sempurna itu diraih sewaktu menangani Real Madrid (2018/2019-Liga Champions) dan Sevilla musim ini.

Dampak dari pelatih berusia 53 tahun dalam mengubur mimpi klub Italia bukan kebetulan semata. Buktinya, Lopetegui kembali berhasil membawa anak asuhnya ke podium juara usai mengalahkan Inter Milan dengan skor 3-2

Gol kemenangan Sevilla masing-masing dicetak Luuk de Jong (12'-33') dan Romelu Lukaku (Og 74'). Sedangkan dua gol Inter dicetak Lukaku (5') dan Dieo Godin (35').

Tak pelak, Lopetegui dan seluruh pemain pun larut dalam perayaan gelar keenam mereka di Liga Europa. Dikutip dari laman Twitter resmi para pemain Sevilla serta Lopetegui, berbagai macam suasana perayaan kemenangan mereka terlihat mulai dari sesaat setelah pertandingan hingga di ruang ganti pemain.

"Emosi saya sangat besar karena kami telah bekerja sangat keras dan pantas menang melawan tim sekelas Inter Milan. Kami sangat bahagia karena pekerjaan luar biasa selama tiga bulan terakhir ini. Skuat ini hebat. Mereka sangat yakin, apa yang mereka kerjakan dan apa yang mereka transmisikan. Meskipun kami tidak juara, saya akan tetap masih mencintai anak-anak ini. Akan tetapi, hari ini kami membawa pulang trofi juara. Kami selalu percaya. Tim ini tidak pernah menyerah, seperti moto klub ini," tutur Lopetegui dikutip dari laman resmi UEFA.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)