5 Fakta Menarik Penyisihan Grup Euro 2024: Belanda Nyaris Tersingkir, Ronaldo Ngamuk

Kamis, 27 Juni 2024 - 07:42 WIB
loading...
5 Fakta Menarik Penyisihan Grup Euro 2024: Belanda Nyaris Tersingkir, Ronaldo Ngamuk
5 Fakta Menarik Penyisihan Grup Euro 2024: Belanda Nyaris Tersingkir, Ronaldo Ngamuk
A A A
Babak penyisihan grup Euro 2024 telah selesai. Berbagai fakta menarik meliputi perjalanan tim-tim elit Eropa lolos ke fase gugur (knock-out). Berikut 5 fakta menarik selama fase grup Piala Eropa 2024.

Sebanyak 16 tim sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Euro 2024 yang berlangsung 29 Juni - 2 Juli 2024. Pada perjalanannya, terdapat sejumlah peristiwa menarik yang menentukan nasib para kontestan.

Berikut 5 fakta menarik fase grup Euro 2024

1. Belanda Hampir Tersingkir


Tim favorit Belanda nyaris tersingkir di fase grup Euro 2024. Virgil van Dijk dan koleganya gagal mendarat di posisi dua besar dalam persaingan di Grup D. Secara mengejutkan, di laga terakhir fase grup, Belanda kalah 2-3 melawan Austria yang menyebabkan skuad berjuluk De Oranje terlempar ke posisi tiga. Beruntung, Belanda masih bisa lolos ke fase gugur dari jalur peringkat tiga terbaik.

2. Nestapa Kroasia

Kroasia menjadi tim besar yang boleh dibilang nasibnya begitu buruk di babak penyisihan grup. Mereka tersingkir setelah nyaris mengantongi tiket fase gugur melawan Italia di matchday terakhir. Dalam posisi unggul 1-0 atas Italia melalui gol Luka Modric, Kroasia justru kebobolan di detik-detik terakhir pertandingan tepatnya di menit ke-90 (+8) yang membuat mereka tertahan imbang 1-1. Gol telat Mattia Zaccagni tak cuma memaksa Kroasia berbagi poin, tetapi juga membuat Kroasia tersingkir dari turnamen.

3. Ronaldo Mandul dan Ngamuk


Untuk kali pertama dalam karier sepak bola Cristiano Ronaldo gagal mengemas gol di babak penyisihan grup Piala Eropa. Tampil bersama Portugal di Grup F Euro 2024, Ronaldo selalu masuk sebagai starter tetapi mandul. Pada laga terakhir melawan Georgia, Ronaldo kembali gagal mencetak gol. Pemain berusia 39 tahun juga ngamuk saat bajunya ditarik pemain Georgia, Luka Lochoshvili, namun lantaran protes yang terlalu emosional Ronaldo justru mendapat kartu kuning dari wasit.

4. Pemain Georgia Georges Mikautadze Jadi Top Skor


Euro 2024 telah menghasilkan 81 gol dalam 36 pertandingan babak penyisihan grup. Dengan rata-rata 2,25 gol per pertandingan di fase grup. Pemain Timnas Georgia, Georges Mikautadze, tercatat sebagai pencetak gol terbanyak (top skor) setelah sejauh ini sudah membukukan tiga gol.

5. Rekor Arda Arda Guler


Arda Guler mencatatkan namanya dalam sejarah sepak bola dengan memecahkan rekor yang dipegang oleh Cristiano Ronaldo sebagai pencetak gol termuda di Euro (Piala Eropa). Dalam laga pembuka Grup F Euro 2024 antara Turki melawan Georgia yang berlangsung di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman, Selasa (18/6/2024), Arda Guler mencetak gol indah pada usia 19 tahun 114 hari. Rekor sebelumnya dipegang Ronaldo (19 tahun 128 hari).
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1675 seconds (0.1#10.140)
pixels