7 Gerakan yang Dilarang di UFC: Nomor 2 Paling Mengerikan

Jum'at, 28 Juni 2024 - 09:14 WIB
loading...
7 Gerakan yang Dilarang di UFC: Nomor 2 Paling Mengerikan
Ultimate Fighting Championship (UFC) merupakan kompetisi MMA terbesar di dunia. Tapi tahukah Anda ada tujuh Gerakan yang dilarang digunakan setiap petarung / Foto: Tangkapan layar Youtube
A A A
Ultimate Fighting Championship ( UFC ) merupakan kompetisi MMA terbesar di dunia. Tapi tahukah Anda ada tujuh Gerakan yang dilarang digunakan setiap petarung. Apa sajakah itu?

Sama seperti olahraga bela diri lainnya, UFC juga memiliki aturan untuk menjamin keselamatan petarungnya. Aturan ini mutlak untuk diikuti petarung agar mereka terhindar dari cedera fatal ataupun kematian.

Pada artikel ini SINDOnews mencoba merangkum tujuh gerakan yang dilarang di UFC dengan mengutip dari Elitesports, Jumat (28/6/2024)

Berikut 7 Gerakan yang Dilarang di UFC

1. Piledriving


Teknik pertama ini merupakan Teknik ilegal yang tak diperbolehkan digunakan karena bisa mengancam keselamatan petarung lainnya. Piledriving menjadi salah satu teknik yang dilarang dalam pertarungan UFC.

Teknik yang umum digunakan dalam gulat profesional, tetapi dalam pertarungan UFC tak diperbolehkan. Pasalnya, teknik ini memiliki gerakan petarung menahan lawannya, kemudian membalikan kepala untuk menghantam matras.

Hal itu tak lepas dari resiko kerusakan besar pada tulang belakang, sehingga UFC tak memperbolehkan teknik Piledriving digunakan. Bahkan di WWE, leher Owen Hart dipatahkan karena terkena teknik piledriving.

2. Fish Hooking


Ini merupakan teknik memasukan jari ke dalam mulut, hidung, atau lubang bagian lainnya. Tujuannya untuk menarik, merobek atau mengojak jaringan lawannya.

Jika ada petarung yang melakukan hal itu, maka dia bisa didiskualifikasi karena perilaku tidak sportif ini. Karena Fish Hooking dilarang keras dan merupakan Tindakan melanggar hukum meskipun teknik ini diajarkan sebagai pertahanan diri di beberapa seni bela diri.

3. Headbutt


Headbutt adalah pukulan tepat ke kepala yang biasanya melibatkan penggunaan bagian tengkorak yang kokoh. Tulang terkuat di dahi atau belakang tengkorak digunakan dalam serangan kepala paling kuat untuk mengenai area paling sensitif lawan, termasuk mata dan hidung.

Meskipun headbutt diperbolehkan di Lethwei, salah satu MMA paling mematikan, namun tidak diperbolehkan dalam pertandingan UFC. Ini adalah salah satu manuver ilegal UFC yang paling kontroversial. Headbutt dulunya bisa diterima sepenuhnya di UFC. Sekarang tidak. Mengapa?

Menanduk lawan dapat mengakibatkan trauma otak serius dan kerusakan seumur hidup yang tidak dapat diperbaiki. Masih ingat momen UFC 259 saat Cruz Dominick tak sengaja menyundul Cejudo? Cejudo menderita luka parah di dekat alisnya dan mulai mengeluarkan banyak darah.

4. Menusuk Mata


Dalam eye poking, seorang petarung menggerakkan tangannya ke arah wajah lawan dengan jari terbuka dan memukul matanya. Meski dilarang, sodokan mata sering digunakan dalam seni bela diri campuran.

Mencolek lawan, baik secara tidak sengaja atau sengaja, dapat menyebabkan cedera serius. Sorotan mata terkadang dapat mengakibatkan pengurangan poin atau bahkan diskualifikasi. Namun seringkali mereka lolos dari hukuman. Para pesilat diarahkan untuk tetap menutup jari ketika hendak mengulurkan tangan.

5. Serangan Selangkangan


Pukulan yang disengaja pada daerah selangkangan lawan disebut serangan pangkal paha. Karena sensitivitas daerah selangkangan dan alat kelamin, teknik ini, yang kadang-kadang digunakan sebagai taktik pertahanan diri, dapat dengan cepat melemahkan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)
pixels