Timnas Indonesia U-16 Kecolongan Gol Cepat Laos, Nova Arianto Bersyukur Mental Pemain Kuat

Jum'at, 28 Juni 2024 - 12:03 WIB
loading...
Timnas Indonesia U-16 Kecolongan Gol Cepat Laos, Nova Arianto Bersyukur Mental Pemain Kuat
Pelatih Timnas Indonesia U-16 Nova Arianto kaget dengan gol cepat Laos U-16 di Piala AFF U-16 2024. Foto/ Instagram
A A A
SOLO – Pelatih Tim Nasional ( Timnas ) Indonesia U-16 Nova Arianto ngaku kaget dengan gol cepat Laos U-16 di matchday terakhir Grup A Piala AFF U-16 2024. Namun, Nova bersyukur karena anak asuhnya berhasil bangkit dengan mengunci kemenangan telak.

Untuk diketahui, Timnas Indonesia U-16 menang telak 6-1 atas Laos di Stadion Manahan, Kamis (27/6/2024) malam WIB. Dalam laga itu, Skuad Garuda Muda harus tertinggal lebih dulu lewat gol cepat via titik putih yang dieksekusi Phayak Siphanom (5’).



Namun pada akhirnya, Timnas Indonesia U-16 berhasil bangkit dengan menjaringkan enam gol ke gawang Laos. Gol-gol kemenangan itu dicetak Muhammad Zahaby Gholy (24'P), gol bunuh diri Sayyavath Vansavath (30'), Josh Holong (37', 61'), I Putu Panji Apriawan (45+3'), dan Mierza Firjatullah (79').

Nova pun mengakui gol cepat Laos membuatnya terkejut. Namun, asisten Shin Tae-yong ini mewajari hal itu karena menilai anak asuhnya terlalu tampil menggebu-gebu di awal laga.

“Yang pasti gol pertama itu cukup membuat kita kaget, tapi itu biasa terjadi karena di menit-menit awal kita terlalu menggebu-gebu untuk menyerang, tapi kecolongan dengan gol penalti,” kata Nova dalam konferensi pers usai laga yang dikutip pada Jumat 28 Juni 2024.

Eks pemain Persib Bandung itu merasa lega karena Timnas Indonesia U-16 mampu bangkit. Menurutnya, itu semua tak luput dari mentalitas yang dimiliki anak asuhnya. Nova harap, kemenangan telak ini bisa membuat Mierza Firjatullah cs semakin percaya diri.

“Saya bersyukur secara mental pemain cukup kuat dan tetap tenang untuk mencetak gol kembali, termasuk gol-gol yang terjadi. Semua memang kita sudah persiapkan,” tuturnya.

“Semoga enam gol yang tercipta ini membuat pemain lebih percaya diri dan di semifinal kita bisa lebih maksimal,” harap Nova.



Ya, kemenangan telak atas Laos ini membuat Timnas Indonesia U-16 lolos ke semifinal dengan status juara Grup A. Skuad Garuda Muda menyapu bersih tiga pertandingan yang ada dengan kemenangan sehingga mengoleksi nilai sembilan.

Sementara, Timnas Indonesia U-16 masih harus menunggu hasil pertandingan grup lain untuk mengetahui lawan yang dihadapi di babak semifinal Piala AFF U-16 2024. Skuad Garuda Muda bisa berhadapan dengan juara Grup C ataupun runner-up terbaik dari Grup B.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)
pixels