Mengenal Nico Ali Walsh, sang Penerus Petinju Legendaris Muhammad Ali

Senin, 01 Juli 2024 - 23:57 WIB
loading...
Mengenal Nico Ali Walsh, sang Penerus Petinju Legendaris Muhammad Ali
Sona Akale (kiri) dan Nico Ali Walsh (kanan) dalam pertarungan di Tulsa, Oklahoma. Foto/Miami Herald
A A A
AMERIKA - Para legenda olahraga dunia jarang memiliki penerus sebagai atlet. Namun, petinju legendaris Muhammad Ali patut berbangga karena salah satu cucunya menekuni dunia tinju.

Nico Ali Walsh (23) cucu Muhammad Ali bakal bertarung di James L. Knight Center, Miami melawab Sona Akale pada Sabtu (6/7/2024) untuk mempertahankan karier tinjunya.

"Sedikit sulit untuk keluar dari bayangan (Muhammad Ali). Tapi saya tidak berpikir ada orang yang bertinju yang akan pernah keluar dari bayangannya. Semua orang, ketika mereka hebat dalam tinju, dibandingkan dengan yang terhebat," kata Walsh dilansir Miami Herald, Senin (1/7/2024).

Menjelang pertarungan, Walsh berkesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat yang membentuk masa muda sang kakek. Dia pergi ke Miami Beach Convention Center, tempat Ali yang berusia 22 tahun mengalahkan Sonny Liston untuk merebut gelar kelas berat pada 1964.



Dia juga mengunjungi pameran tentang Ali di Miami Beach, berlanjut pergi ke tempat latihan Fifth Street Gym."Ini luar biasa karena ini adalah tempat utama dia sebelum menjadi Ali," ujar Walsh.

Inisiator di balik pameran Ali di Miami Beach, Troy Wright, menyebut pengalaman bertemu dengan keluarga Ali sebagai hal magis. "Seolah-olah ada transisi waktu total karena Rasheda (anak Muhammad Ali) mulai melihat segala sesuatu," kata Wright.

Direktur Eksekutif Washington Avenue Business Improvement ini secara pribadi memberikan tur kepada Walsh dan ibunya, Rasheda. "Seperti dia kembali ke masa kecilnya. Dia mulai menunjukkan hal-hal kepada Nico seperti 'Ini rumah lama!'"

Florida Selatan memiliki pengaruh mendalam pada Cassius Clay, nama lahir Muhammad Ali. Ketika berusia 18 tahun, ia tiba di Miami yang sangat tersegregasi pada 1960. Tidak hanya memenangkan gelar kelas berat di Miami Beach 60 tahun lalu, tetapi tempat ini juga membantu mengubahnya dari Cassius Clay menjadi Muhammad Ali sekaligus tergabung dalam Nation of Islam.

“Ada banyak cara bagi orang untuk berpartisipasi dalam gerakan Hak Sipil tahun 1960-an,” tulis Ali dalam otobiografinya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1666 seconds (0.1#10.140)
pixels